In-depth

Profil Choi In-cheol, Pelatih Pengganti Shin Tae-yong di Timnas Indonesia Senior

Sabtu, 2 September 2023 14:10 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© kfa.or.kr
Choi In-cheol, Asisten Pelatih Timnas Indonesia yang Bergelimang Prestasi Copyright: © kfa.or.kr
Choi In-cheol, Asisten Pelatih Timnas Indonesia yang Bergelimang Prestasi

INDOSPORT.COM - Profil Choi In-cheol, pelatih yang menggantikan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia senior jelang bersua Turkmenistan bisa kalian simak di artikel ini.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia akan bersua Turkmenistan di laga uji coba bertajuk FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya pada Jumat (08/09/23) mendatang.

Sebenarnya, Shin Tae-yong yang ditunjuk untuk menemani para pemain Timnas Indonesia melakukan latihan jelang laga tersebut.

Akan tetapi, di waktu yang sama Shin Tae-yong juga harus fokus untuk mempersiapkan Skuat U-23 jelang Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Mereka tergabung ke dalam Grup K bersama Taiwan U-23 dan Turkmenistan U-23. Laga itu digelar pada Sabtu (09/09/23) dan Selasa (12/09/23) mendatang di Stadion Manahan, Solo.

Adanya dua agenda penting itu membuat Shin Tae-yong merasa kesulitan bila harus fokus kepada Timnas Indonesia senior dan U-23.

Karena Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 dinilai jauh lebih penting, maka Shin Tae-yong memberikan kepercayaan kepada Choi In-cheol untuk menukangi skuat senior di FIFA Matchday.

Adanya Choi In-cheol membuat Shin Tae-yong bisa lebih fokus untuk mempersiapkan Timnas Indonesia U-23 yang bakal diperkuat oleh Elkan Baggott.

Lantas apakah Choi In-cheol bisa menjalankan tugas dengan baik sesuai arahan dari Shin Tae-yong? berikut kami telah merangkum profilnya:

Choi In-cheol merupakan pelatih asal Korea Selatan yang lahir pada 6 Januari 1972 silam, atau sekarang berusia 51 tahun.

Ia ditunjuk sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia menggantikan Gong Oh-kyun yang mundur pada Desember 2020 lalu. Pelatih berusia 51 tahun tersebut sangat dihormati terutama bagi pesepakbola Korea Selatan.

Salah satu penyebabnya adalah, prestasi Choi In-cheol yang beberapa kali berhasil mengharumkan sepak bola Korea Selatan di kancah Internasional.