Liga Indonesia

Siap Terjun di Liga 2, Persipura dan Persewar Fix Berbagi Kandang di Stadion Mandala

Senin, 4 September 2023 11:45 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Prio Hari Kristanto
© Sudjarwo/INDOSPORT
Dua klub asal Papua, Persipura Jayapura dan Persewar Waropen, akan bermarkas di venue yang sama, Stadion Mandala, untuk Liga 2. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Dua klub asal Papua, Persipura Jayapura dan Persewar Waropen, akan bermarkas di venue yang sama, Stadion Mandala, untuk Liga 2.

INDOSPORT.COM - Dua klub asal Papua, Persipura Jayapura dan Persewar Waropen, akan bermarkas di venue yang sama, Stadion Mandala, di Kota Jayapura pada kompetisi Liga 2 musim 2023/2034.

Kepastian Persipura dan Persewar bermarkas di Stadion bersejarah itu diungkapkan oleh Ketua umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua, Kenius Kogoya kepada awak media INDOSPORT.COM.

Kata Kenius, manajemen kedua tim sudah melayangkan surat permohonan untuk penggunaan Stadion Mandala sebagai markas untuk mengarungi kompetisi Liga 2.

"Surat penggunaan stadion mandala dari kedua tim sudah masuk ke kita. Bukan hanya Persipura dan Persewar saja tapi juga tim sepak bola PON Papua," kata Kenius, Senin (04/09/23).

"Tapi kita akan diskusikan supaya jadwalnya bisa diatur baik jangan sampai berbenturan," tambahnya.

Sementara itu, untuk memastikan kesiapan Stadion Mandala sebagai salah satu venue kompetisi Liga 2, PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah mengutus perwakilannya untuk melakukan inspeksi.

"Ada dua stadion di Papua yang kita datangi, yakni stadion mandala sebagai home base Persipura dan Persewar, lalu stadion cenderawasih di Biak sebagai home base PSBS," kata perwakilan PT LIB, Hanafi.

Kata dia, inspeksi tersebut dilakukan untuk mengecek kelayakan stadion para kontestan kompetisi Liga 2 musim 2023/2024.

"Kita mengecek kesiapan atau kelayakan stadion yang akan menggelar pertandingan Liga 2," ujarnya.

Stadion Mandala di Kota Jayapura sebelumnya sudah menjadi home base Persewar pada kompetisi Liga 2 musim lalu di saat Persipura memilih bermarkas di Stadion Utama Lukas Enembe di Sentani, Kabupaten Jayapura.

Persipura kemudian ingin kembali bermarkas di rumah lama mereka itu karena memiliki historis panjang dalam perjalanan klub kebanggaan masyarakat Papua itu.

Persipura dan Persewar tergabung dalam satu grup di Grup 4 kompetisi Liga 2 musim 2023/2024 bersama PSBS Biak, Sulut United, Kalteng Putra, Persipal Palu, dan Persiba Balikpapan.

Pada draft jadwal Liga 2 yang telah tersebar, Persipura Jayapura akan melawat ke markas Kalteng Putra di Tuah Pahoe, Palangkaraya di laga pembuka, 10 September mendatang.