Liga 1

PSSI Minta The Jakmania dan Bobotoh Lakukan Rekonsiliasi hingga Akar Rumput

Senin, 4 September 2023 15:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Gesekan antara pemain Persija, Hanif Sjahbandi dengan bek Persib, Nick Kuipers pada laga pekan ke-11 Liga 1 2023/2024 di stadion Patriot, Sabtu (02/09/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Gesekan antara pemain Persija, Hanif Sjahbandi dengan bek Persib, Nick Kuipers pada laga pekan ke-11 Liga 1 2023/2024 di stadion Patriot, Sabtu (02/09/23).

INDOSPORT.COM - PSSI melalui anggota Exco, Arya Sinulingga, meminta agar suporter klub Liga 1 Persija Jakarta dan Persib Bandung untuk melakukan rekonsiliasi hingga ke akar rumput.

Rivalitas antara suporter Persija Jakarta, The Jakmania, dan Persib Bandung, Bobotoh dan Bomber, kembali memanas usai Persija Jakarta menjamu Persib Bandung di pekan ke-11 iga 1 2023-2024.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Sabtu (02/09/23) sore. Laga ini sendiri berakhir imbang 1-1, tetapi selepas laga ada sedikit tensi memanas karena diduga ada oknum suporter Persib Bandung yang dikeroyok.

Selain itu di jagat sosial media juga beredar akan aksi pemukulan tersebut. Menanggapi hal ini, anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga langsung melakukan konsolidasi dengan kelompok suporter The Jakmania dengan Viking dan Bobotoh.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Viking dan Bomber dengan The Jakmania. Kami meminta supaya dilakukan pertemuan dan rekonsiliasi secepatnya di akar rumput," ucap Arya.

Arya menekankan rekonsiliasi antar fans Persib dengan fans Persija perlu menyentuh akar rumput hingga koordinator wilayah (korwil) di daerah perbatasan Jawa Barat atau Bandung dengan Jakarta.

“Rekonsiliasi sampai di level akar rumput, khususnya di daerah korwil perbatasan antara suporter Persib dengan Persija. Langkah ini dilakukan sebab kami percaya bahwa (hubungan) teman-teman di elitenya suporter itu (sudah) oke," kata Arya.

Padahal sebelum laga, Arya mengatakan jika Ketua The Jakmania, Dicky Soemarno, dan Ketua Viking, Tobias Ginanjar, melakukan Live Instagram bersama. Namun kericuhan di level bawah masih terjadi.

“Bahkan sebelum pertandingan, Tobias dan Diky live Instagram bersama-sama. Tapi ternyata, di bawah kejadian seperti kemarin. Jadi saya sudah dorong mereka untuk melakukan pertemuan," ucap Arya.

"Tidak hanya di atas, tapi sampai level akar rumput di bawah supaya ada rekonsiliasi dan tidak merembet ke depannya," kata Arya.

"Tidak ada dendam. Kami coba untuk mendamaikan hingga level bawah. Ini yang kami lakukan dengan mendorong teman-teman Viking, Bomber dan teman-teman The Jakmania," tukas Arya.