In-depth

3 Alasan Andre Onana Jadi Kiper Problematik di Manchester United

Selasa, 5 September 2023 09:46 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Reuters/Lee Smith
Tidak butuh waktu lama bagi Andre Onana untuk menarik perhatian publik setelah bergabung dengan klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United. Foto: Reuters/Lee Smith. Copyright: © Reuters/Lee Smith
Tidak butuh waktu lama bagi Andre Onana untuk menarik perhatian publik setelah bergabung dengan klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United. Foto: Reuters/Lee Smith.

INDOSPORT.COM - Tidak butuh waktu lama bagi Andre Onana untuk menarik perhatian publik setelah bergabung dengan klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United.

Untuk diketahui kembali, Andre Onana baru saja merapat ke skuad Erik ten Hag pada bursa transfer musim panas 2023.

Ia didatangkan dari Inter Milan dengan nilai 40 jutaan poundsterling sebagai pengganti David de Gea yang habis kontrak.

Musim ini, Andre Onana sudah dimainkan tiga kali secara penuh di ajang Liga Inggris. Ia tampil cukup meyakinkan di laga perdana usai mencetak clean sheet kontra Wolves.

Akan tetapi, yang sangat menyedihkan ia malah kebolan tujuh laga di tiga laga teranyar Setan Merah (Tottenham Hotspur, Nottingham Forest, dan Arsenal).

Namun bukan hanya catatan di dalam lapangan saja yang membuat nama Andre Onana jadi omongan publik.

Selama ini, ia juga dikenal sebagai kiper problematik dengan berbagai macam isu, termasuk dulunya sempat berseteru dengan Erik ten Hag.

Sempat Punya Cerita dengan Erik ten Hag

Ya, ini bukan kali pertama Andre Onana dan Erik ten Hag bekerja sama dalam sebuah tim. Keduanya sempat berada di Ajax sebelum Manchester United.

Saat berada di Ajax, Andre Onana pun sempat membuat gaduh publik karena kasus konsumsi obat-obatan berjenis furosemide.

Kabarnya, ia secara tidak sengaja mengambil obat-obatan tersebut, yang notabene milik istrinya, saat tengah mencari aspirin.

Buntut dari insiden ini, ia pun diganjar larangan bermain selama 12 bulan oleh UEFA, yang kemudian dipangkas menjadi 9 bulan berkat Pengadilan Arbitrase Olahraga.

Meski begitu, Erik ten Hag tetap memercayainya sebelum pada akhirnya mencoret nama sang pemain dari daftar skuad yang ia mainkan.

Sebelum pindah ke Inter Milan, Andre Onana sudah lama tidak bermain untuk skuad Erik ten Hag. Ia merapat ke Nerazzurri pada Juli 2022.