Liga Indonesia

Peran Baru Kiper Gaek Dede Sulaiman Usai Kembali ke Pelukan Persipura Jayapura

Selasa, 5 September 2023 15:55 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Indra Citra Sena
© Sudjarwo/INDOSPORT
Kiper gaek Persipura Jayapura, Dede Sulaiman / Sudjarwo Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Kiper gaek Persipura Jayapura, Dede Sulaiman / Sudjarwo

INDOSPORT.COM - Kiper asal Jakarta, Dede Sulaiman, akhirnya kembali ke pelukan sang mantan, Persipura Jayapura, menjelang kick-off Liga 2 2023/24 yang akan bergulir pada 10 September mendatang.

Dede kembali bergabung memperkuat tim berjulukan Mutiara Hitam untuk mengisi pos penjaga gawang Persipura sekaligus menjabat pelatih kiper.

"Iya betul, saya sudah kembali bergabung dengan Persipura Jayapura," kata Dede Sulaiman kepada awak media INDOSPORT, Selasa (5/9/23).

Segudang pengalaman yang dimiliki Dede dapat berguna bagi para kiper muda. Dia menjadi opsi terakhir Persipura setelah beberapa pekan lalu kesulitan mencari sosok mumpuni di bawah mistar.

Penjaga gawang berusia 37 tahun itu bukanlah orang baru bagi Persipura. Dede merupakan salah satu kiper dari Pulau Jawa yang namanya dibesarkan oleh klub pengoleksi empat gelar juara Liga Indonesia.

Dede Sulaiman pertama kali memperkuat Persipura pada 2014 sebagai pelapis kiper asal Korea Selatan, Yoo Jae-hoon. Andilnya tergolong cukup besar dalam perjalanan tim di masa kejayaan periode 2014-2016.

Dede ikut terlibat mengantarkan Persipura menjuarai Indonesia Soccer Championship (ISC) A tahun 2016 silam bersama Tony Ho yang kini juga kembali sebagai pelatih kepala Persipura.

Sayangnya, Dede harus berpisah dengan Persipura usai klub tersebut terdegradasi di Liga 1 2021/22. Dia hengkang ke Persita Tangerang karena kontraknya telah habis dan ingin dekat dengan keluarganya di Jakarta.

Dede akhirnya memutuskan bereuni dengan Persipura setelah diminta untuk kembali memperkuat tim Mutiara Hitam untuk berjuang di Liga 2 2023/24.

Saat ini, Dede sudah berada di Kota Jayapura dan akan memulai latihan perdana bersama Mutiara Hitam di Lapangan Universitas Cenderawasih (Uncen) Mahacandra, sore ini.

Skuat Persipura sedang mematangkan persiapan untuk melakoni laga Liga 2 Grup 4 di markas Kalteng Putra, Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, 10 September mendatang.