Bola Internasional

Tendangan Bebas Ajaib Hakan Calhanoglu Jadi Gol Terbaik Liga Jerman Sepanjang Masa?

Selasa, 5 September 2023 16:59 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Indra Citra Sena
© REUTERS/Alessandro Garofalo
Selebrasi Hakan Calhanoglu (Inter Milan) usai mencetak gol ke gawang Venezia (28/11/21). Copyright: © REUTERS/Alessandro Garofalo
Selebrasi Hakan Calhanoglu (Inter Milan) usai mencetak gol ke gawang Venezia (28/11/21).

INDOSPORT.COM - Gol tendangan bebas ajaib pemain Inter Milan, Hakan Calhanoglu, saat masih berseragam Hamburg SV, disebut sebagai salah satu gol terbaik Liga Jerman (Bundesliga) sepanjang masa.

Tak dapat dimungkiri, Hakan Calhanoglu adalah salah satu sosok pemain kunci Inter Milan dalam beberapa musim terakhir. 

Sejak didatangkan secara gratis dari AC Milan pada 2021, pemain berposisi gelandang tersebut telah memberikan sumbangan 12 gol dan 21 assist dalam 95 penampilan di semua kompetisi.

Namun, jauh sebelum menjadi pilar Inter Milan, Calhanoglu sudah menunjukkan sinarnya di Liga Jerman. Dia sempat membela tiga klub, yakni Karlsruher SC, Hamburger SV, dan Bayer Leverkusen.

Bahkan, salah satu momen terbaik Hakan Calhanoglu ditorehkan saat membela Hamburg SV. Apa lagi kalau bukan gol tendangan bebas super yang dicetaknya dalam laga kontra Borussia Dortmund edisi 2013/14.

Borussia Dortmund, yang saat itu ditangani Jurgen Klopp, dibuat mematung saat menyaksikan Calhanoglu mencetak gol tendangan bebas dari jarak 41 meter.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bundesliga (@bundesliga)

Saking ikoniknya momen tersebut, akun Instagram resmi Bundesliga bahkan mengunggah ulang cuplikan gol Calhanoglu pada Senin (4/9/23) kemarin.

"Bundesliga sudah berumur 60 tahun. Apakah ini akan menjadi salah satu gol terbaik dalam enam dekade?" tulis @bundesliga dalam video tersebut.

Dalam video tersebut, pemain Borussia Dortmund tampak tak repot-repot memasang pagar betis karena merasa Hakan Calhanoglu tak akan berupaya mencetak gol dari jarak sejauh itu.

Namun, bola sepakan pemain asal Turki tersebut justru menghujam deras ke gawang Borussia Dortmund yang dijaga Roman Weldenfeller setelah sempat meliuk di udara.