Timnas Indonesia

Kakang dan Robi Darwis Tambah Daftar Pemain Persib yang Dipanggil Timnas Indonesia

Kamis, 7 September 2023 23:30 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© PSSI
Kakang Rudianto dan Robi Darwis, menambahkan daftar pemain Persib Bandung yang mendapat panggilan bergabung dengan tim nasional Indonesia. Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Kakang Rudianto dan Robi Darwis, menambahkan daftar pemain Persib Bandung yang mendapat panggilan bergabung dengan tim nasional Indonesia. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Kakang Rudianto dan Robi Darwis, menambahkan daftar pemain Persib Bandung yang mendapat panggilan bergabung dengan tim nasional Indonesia.

PSSI kembali memanggil dua pemain Persib Bandung, Kakang Rudianto dan Robi Darwis untuk persiapan Timnas Indonesia yang disiapkan untuk tampil di Asian Games ke-19 di Hangzhou, Cina.

Dilansir dari laman Persib, pemanggilan kedua pemain tersebut disampaikan melalui surat PSSI nomor 3506/AGB/529/IX-2023. Kakang dan Robi akan menjalani pemusatan latihan atau Training Center (TC) pada 7-15 September 2023.

Setelah menjalani pemusatan latihan, Timnas Indonesia akan terbang ke Cina untuk tampil di Asian Games, pada 16 September hingga 8 Oktober 2023.

Pada sesi latihan pagi di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Kamis (07/09/23), dua pemain jebolan Akademi Persib itu sudah tidak berlatih bersama tim, lantaran sudah berangkat ke Jakarta.

Pemanggilan Kakang Rudianto dan Robi Darwis, sudah diketahui oleh pelatih Persib, Bojan Hodak, usai memimpin latihan di Stadion GBLA, Kota Bandung, Rabu (06/09/23).

"Memang kami kehilangan 3-4 pemain ke tim nasional dan kemungkinan akan bertambah. Besok Kakang dan Robi akan pergi membela Timnas," kata Bojan Hodak.

Sebelumnya, Persib sudah lebih dulu melepas lima pemain ke Timnas Indonesia, mereka adalah Mack Klok, Rachmat Irianto, Ryan Kurnia, Edo Febriansyah (Timnas senior) dan Beckham Putra Nugraha (Timnas U-23).

Empat pemain Persib yang bergabung dengan Timnas Indonesia, disiapkan untuk pertandingan FIFA Matchday melawan Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, 8 September 2023.

Bagi Marc Klok, Rachmat Irianto dan Edo Febriansyah, pemanggilan dari Timnas Indonesia tersebut bukan yang pertama, pasalnya dalam beberapa kesempatan mereka sudah sempat bergabung dengan Skuad Garuda.

Sedangkan bagi Ryan Kurnia, pemanggilan tersebut menjadi yang pertama dalam kariernya sebagai pemain sepak bola profesional. Sehingga, dia merasa bersyukur.

Sebagai pemain sepak bola profesional, Ryan Kurnia memiliki motivasi berlipat untuk menampilkan permainan terbaiknya dan menjawab kepercayaan yang diberikan oleh pelatih Shin Tae-yong.

Sedangkan Beckham Putra Nugraha, dipanggil Timnas Indonesia U-23 untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, Skuad Garuda Muda di Grup K.

Pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Taiwan, Sabtu (09/09/23) dan Turkmenistan, Selasa (12/09/23), semua laga bakal dimainkan di Stadion Manahan, Solo.

Bagi Beckham, pemanggilan oleh Timnas Indonesia bukan yang pertama, pasalnya dia sudah sering memperkuat Skuad Garuda di beberapa event di antaranya SEA Games 2023 di Kamboja dan Piala AFF U-23 2023.

Selain itu, satu pemain asing Persib, Daisuke Sato, juga harus meninggalkan skuad Maung Bandung, lantaran mendapatkan panggilan bergabung dengan Timnas Filipina.

Timnas Filipina dijadwalkan akan melakoni FIFA Matchday, ada dua pertandingan yang bakal dilakoni Daisuke Sato yakni menghadapi Chinese Taipei dan Afganistan.

Sama seperti pemain lainnya, Daisuke Sato sudah sering mendapatkan panggilan bergabung dengan tim nasional. Dari laman Transfermarkt, dia sudah tampil sebanyak 53 pertandingan dengan mengumpulkan 4.367 menit bermain.

Pada dua FIFA Matchday terakhir menghadapi Nepal (15 Juni 2023) dan Cina Taipei (19 Juni 2023), Daisuke Sato menjadi andalan Timnas Filipina.

Pada pertandingan menghadapi Nepal, Daisuke Sato tampil 73 menit, sedang pada Cina Taipei pemain berusia 28 tahun ini tampil penuh 90 menit.