Bola Internasional

Putra Van der Vaart Calon Naturalisasi Timnas Indonesia Resmi Gabung Ajax Amsterdam

Kamis, 7 September 2023 07:30 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Damian van der Vaart meresmikan kepindahannya ke Ajax Amstedam U-18 pada Rabu (06/09/23) lalu. (Foto: [email protected])

INDOSPORT.COM - Damian van der Vaart meresmikan kepindahannya ke Ajax Amstedam U-18 pada Rabu (06/09/23) lalu.

Gelandang muda berusia 17 tahun asal Belanda yang sempat dihubungkan dengan timnas Indonesia itu dikontrak setahun oleh De Godenzonen.

Damian sendiri adalah putra dari legenda Ajax dan Belanda yakni Rafael Van der Vaart.

Bergabung bersama Ajax tentunya membuat Damian berharap bisa mengikuti jejak sang ayah yang juga merupakan jebolan akademi Ajax dengan catatan 156 penampilan plus 61 gol juga 28 assit selama lima tahun di tim senior.

Sebelum ini Damian belum pernah berkarier di Belanda karena mengikuti karier ayahnya yang menjadi pemain dan pelatih di berbagai negara dalam beberapa tahun terakhir.

Saat Rafael mulai merumput di Jerman lagi untuk membela Hamburger SV pada 2012, Damian masuk ke akademi SC Victoria Hamburg.

Begitu Rafael pindah ke Denmark untuk menghabiskan kariernya bersama FC Midtjylland dan Esbjerg fB, sang buang hati juga ikut pindah ke negara Skandinavia tersebut.

Akademi Esbjerg dipilih untuk mengasah bakat sang wonderkid selama tiga tahun sebelum akhinya takdir membawanya ke Ajax Amsterdam di bursa transfer musim panas 2023.

"Ajax telah mendatangkan Damian van der Vaart. Sang gelandang sudah menyetujui kontrak satu tahun hingga 30 Juni 2024," tulis Ajax dalam situs resmi mereka.

"Pemain kelahitan 28 Mei 2006 ditransfer dari klub Denmark, Esbjerg fB, dimana ia sudah bermain sejak 2020. Di Ajax ia akan bermain untuk tim U-18," tambah mereka lagi.