Liga Indonesia

Hulk Imbangi Jordi Amat, Modal PSIS Menuju Derbi Jateng Lawan Persis Solo

Sabtu, 9 September 2023 13:54 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Media PSIS
Pemain PSIS, Wahyu ‘Hulk’ Prasetyo (tengah). Copyright: © Media PSIS
Pemain PSIS, Wahyu ‘Hulk’ Prasetyo (tengah).

INDOSPORT.COM - PSIS Semarang punya modal bagus menuju Derbi Jawa Tengah melawan Persis Solo di Liga 1 2023-2024. Wahyu 'Hulk' Prasetyo semakin percaya diri setelah mengimbangi Jordi Amat di Timnas Indonesia.

Derbi Jawa Tengah menjadi laga paling menarik pada pekan ke-12 Liga 1 2023-2024, Sabtu (16/9/23). Kedua tim pasti ingin membuktikan siapa yang terbaik di Jawa Tengah.

PSIS yang bertandang ke Stadion Manahan Solo punya modal bagus. Level para pemain akan terjaga dengan uji coba internasional melawan wakil Malaysia Selangor FC.

Duel tim dari negara bertetangga ini rencananya akan berlangsung di Stadion Jatidiri, Semarang, Minggu (10/9/23) pukul 19.00 WIB.

Selain para pemain yang ada di Semarang, dua nama yang berada di Timnas Indonesia juga dalam kondisi fit. Alfeandra Dewangga dan Wahyu 'Hulk' Prasetyo diturunkan melawan Turkmenistan, Jumat (8/9/23).

Shin Tae-yong menurunkan Dewangga dari menit pertama dalam formasi tiga bek tengah. Ia berpadu dengan Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Dewangga tampil kokoh selama 45 menit, sebelum kemudian Shin Tae-yong melakukan perubahan strategi dengan memasukkan Egy Maulana Vikri.

Pada menit ke-72, giliran Wahyu Prasetyo yang dipercaya Shin Tae-yong. Hulk menggantikan Sandy Walsh untuk berduet dengan Jordi Amat.

Sebagai debutan, Hulk tampil tenang. Ada satu momen pada menit ke-89, Hulk dengan berani memainkan one two pass saat penyerang Turkmenistan berusaha merebut bola.

Upaya itu berbuah manis karena Jordi Amat paham dengan maksud Hulk, meski baru pertama kali bersama di pertandingan Timnas Indonesia.

Modal Derbi Jawa Tengah

Dewangga dan Hulk pada akhirnya sukses bersama Timnas Indonesia. Gelora Bung Tomo bergemuruh karena Indonesia clean sheet dan mencetak dua gol lewat Dendy Sulistyawan menit ke-19 dan Egy Maulana Vikri menit ke-90+1.

Prestasi yang dicatatkan keduanya membuat PSIS bangga. Sebagai tim yang mengorbitkan keduanya di Liga 1, PSIS senang ketika jasa Hulk dan Dewangga bisa dimaksimalkan Timnas Indonesia.

Rasa bangga ini diungkapkan Chief Executive Officer (CEO) PSIS, Yoyok Sukawi. Ia menilai keduanya bisa memberi bukti bahwa Shin Tae-yong membuat keputusan tepat.

"Alhamdulillah sangat bangga dengan dua bek andalan PSIS. Dewangga yang sudah memiliki beberapa caps Timnas sangat konsisten,

"Kemudian ini yang baru, Hulk, pemain andalan PSIS ini semalam debut juga ciamik. Lugas, tegas di belakang, bangga lah sama mereka," kata Yoyok Sukawi, Sabtu (9/9/23).

Performa ciamik dua pemain belakang itu membuat PSIS percaya diri menuju Kota Solo. Keduanya menjadi modal bagus dalam menghadapi 'Si Jago Kandang', Persis Solo.

Persis Solo sangat superior di Stadion Manahan, setelah sempat terluka pada laga pembuka Liga 1 2023-2024, kalah dari Persebaya Surabaya 2-3.

Dalam tiga partai di Manahan setelah itu, Persis Solo melibas Borneo FC 2-1, Persib Bandung 2-1 dan Bali United 3-1. Sananta menjadi bintang dengan catatan empat gol di sana.

Dewangga tentu sudah paham dengan ketangguhan Sananta karena sering bersama di Timnas Indonesia U-23. Bahkan, ia kini ikut Shin Tae-yong ke Solo untuk main di kualifikasi Piala Asia U-23 2024 grup K.

Dewangga dan Sananta terlebih dahulu bahu-membahu membela nama negara sebelum nantinya bertarung di Stadion Manahan pada Sabtu (16/9/23). Keduanya berpotensi satu lapangan saat melawan Turkmenistan, Selasa (12/9/23).