Bola Internasional

Lampaui Pele, Neymar Cetak Rekor Luar Biasa Usai Bantu Brasil Bantai Bolivia

Sabtu, 9 September 2023 11:56 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Matthew Childs
Pemain Timnas Brasil, Neymar Jr, mencatat rekor luar biasa usai menyalip jumlah gol Pele setelah pertandingan kontra Bolivia. Foto: REUTERS/Annegret Hilse. Copyright: © REUTERS/Matthew Childs
Pemain Timnas Brasil, Neymar Jr, mencatat rekor luar biasa usai menyalip jumlah gol Pele setelah pertandingan kontra Bolivia. Foto: REUTERS/Annegret Hilse.

INDOSPORT.COM - Pemain Timnas Brasil, Neymar Jr, mencatat rekor luar biasa usai menyalip jumlah gol Pele setelah pertandingan kontra Bolivia.

Brasil menghadapi Bolivia dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Sabtu (09/09/23) pagi WIB. Tim Selecao sukses membantai lawannya tersebut dengan skor 5-1.

Namun, sorotan dalam laga ini bukan hanya kemenangan telat Brasil, melainkan juga torehan gol Neymar Jr. Penyerang yang satu ini kini sah menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah tim nasional.

Neymar memecahkan rekor legenda Brasil, Pele, yang sebelum hari ini tercatat sebagai pemain tersubur timnas sepanjang sejarah dengan torehan 77 gol.

Neymar sendiri datang ke laga ini dengan torehan gol yang sama dengan Pele. Ia hanya perlu satu gol untuk memecahkan rekor legenda sepak bola Negeri Samba itu.

Kesempatan tersebut datang pada menit ke-17, ketika Neymar ditunjuk menjadi algojo penalti. Namun, tendangannya terlalu lemah sehingga berhasil diselamatkan kiper Bolivia.

Meski demikian, Neymar tak putus asa. Ia kembali melakukan upaya pada menit ke-61, dengan memanfaatkan bola liar usai Rodrygo terjatuh di kotak penalti. 

Sepakan keras yang dilepaskannya pun berhasil menggetarkan gawang Bolivia, sekaligus mencatatkan gol ke-78 bersama Timnas Brasil.

Tak berhenti sampai di situ, Neymar menambah koleksi golnya di masa injury time. Dengan skema yang kurang lebih sama, ia membukukan gol ke-79 sekaligus memastikan Brasil menutup laga dengan kemenangan telak 5-1.

Rekor Neymar sepertinya akan bertahan lama, mengingat saat ini tak ada pemain yang mendekati torehan pemain anyar Al Hilal tersebut.