Timnas Indonesia

Profil dan Agama Million Manhoef, Diaspora Indonesia yang Cetak Gol Kemenangan Belanda

Sabtu, 9 September 2023 14:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Million Manhoef, pemain diaspora Indonesia yang membela Timnas Belanda U-21. (Foto: Instagram @million.m_)

INDOSPORT.COM - Profil dan agama Million Manhoef, pemain diaspora muda yang cukup potensial untuk menambah kekuatan timnas Indonesia, tetapi lagi-lagi dibajak Belanda.

Million Manhoef merupakan pemain muda berdarah Indonesia-Suriname-Belanda dari pihak ibunya. Lahir pada 3 Januari 2002, ia masih bisa membela timnas U-23.

Apalagi Million Manhoef piawai bermain di posisi gelandang serang, striker hingga winger, posisi yang sangat dibutuhkan oleh Shin Tae-yong.

Hal ini pernah disampaikan oleh staf khusus Kemenpora yang mendata pemain diaspora, Hamdan Hamedan. Manhoef adalah nama yang potensial bagi timnas Indonesia.

"Pernah sih percakapan (tentang) striker. Salah satu yang saya sebut saat diskusi (dengan STY) ini striker yang masih terbilang muda. Namanya Million Manhoef," kata Hamdan.

"Musim lalu dia gacor banget, 8-10 (gol) di Eredivisie, masih 21 tahun, tetapi sekarang sudah dipanggil Belanda," tambah Hamdan, dikutip dari kanal YouTube Spotify Indonesia.

Ya, Million Manhoef yang bermain untuk klub Vitesse di Liga Belanda, langsung diamankan KNVB (PSSI-nya Belanda) untuk membela timnas Belanda kelompok umur.

Wajar jika Belanda buru-buru mengklaim Million Manhoef, karena ia tampil gemilang bersama Vitesse di 2022/23. Total dia mencatatkan 9 gol dan 5 assist dari 33 laga.

Belanda sudah lama memantau potensi Million Manhoef dan direkrut ke timnas U-16, timnas U-19, hingga timnas U-21. Saat ini Million Manhoef diandalkan di Kualifikasi UEFA Euro U-21.

Million Manhoef turut mencetak gol untuk Belanda U-21 saat melawan Moldova, Sabtu (9/9/23). Ia membawa The Oranje menang 3-0 dan membawa tim ke puncak klasemen Grup C.