Timnas Indonesia

Timnas Indonesia Catat Rekor Peringkat FIFA Terbaik dalam 11 Tahun Terakhir

Sabtu, 9 September 2023 12:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© PSSI
Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri bersama Marc Klok dan Asnawi Mangkualam usai cetak gol ke gawang Turkmenistan pada laga FIFA Matchday di stadion GBT, Surabaya, Jumat (08/09/23). Copyright: © PSSI
Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri bersama Marc Klok dan Asnawi Mangkualam usai cetak gol ke gawang Turkmenistan pada laga FIFA Matchday di stadion GBT, Surabaya, Jumat (08/09/23).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Turkmenistan 2-0 pada laga FIFA Matchday di stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Jumat (08/09/23). Raihan tersebut membuat peringkat Indonesia di rangking FIFA diprediksi melesat ke rangking 147.

Kenaikan 3 peringkat dari sebelumnya berada di posisi 150 akan menjadi rekor terbaik Timnas Indonesia di ranking FIFA dalam 11 tahun terakhir. Sejak 2012 rangking FIFA terbaik Timnas Indonesia hanya berada di kisaran peringkat 150-an dunia.

Timnas Indonesia mendapatkan 5,41 poin setelah mengalahkan Turkmenistan dengan jumlah poin saat ini 1052,87. Indonesia bakal menggeser Botswana yang baru menelan kekalahan dari Tunisia. Begitupun 2 negara di atas kita, yakni Hongkong dan Liberia yang diyakini bisa dilewati Timnas.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir bersyukur atas progres positif yang didapat Timnas Indonesia di rangking terbaru FIFA saat ini.

Erick Thohir berharap tren kemenangan sepak bola Indonesia bisa berlanjut demi target besar menembus jajaran 100 besar dunia.

"Alhamdulillah kita kemarin meraih kemenangan di FIFA matchday yang artinya peringkat kita naik di ranking FIFA," ujar Erick Thohir kepada wartawan, Sabtu (09/09/23).

"Tren kemenangan ini mesti dijaga. Kita punya target 100 besar dalam jangka pendek dan pada 2045 kita membidik ranking 45 setara," tambahnya.

Erick pun memuji performa Timnas Indonesia yang mampu fokus dalam menjaga target meraih poin demi menaikkan peringkat FIFA saat menghadapi Turkmenistan. Sebab tim lawan punya peringkat yang lebih baik yakni di rangking 138 FIFA.

"Terus terang pertandingan yang tidak mudah. Bisa jaga keunggulan hampir 90 menit, bahkan cetak gol tambahan saat injury time, dengan lawan yang secara peringkat ada di atas kita, saya harus apresiasi," ucap Erick Thohir

"Tidak seperti para pemain Eropa yang mudah beradaptasi di Timnas karena padat kompetisi, terlihat tim kita kesulitan di awal laga," Tutupnya.