Bola Internasional

Gareth Southgate Meringis Tak Bisa Hasut Evan Ferguson Bela Timnas Inggris

Senin, 11 September 2023 14:00 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Ian Walton
Pelatih The Three Lions, Gareth Southgate, sayangkan bomber Irlandia dan Brighton & Hove ALbion, Evan Ferguson, tak bisa membela Timnas Inggris. Copyright: © REUTERS/Ian Walton
Pelatih The Three Lions, Gareth Southgate, sayangkan bomber Irlandia dan Brighton & Hove ALbion, Evan Ferguson, tak bisa membela Timnas Inggris.

INDOSPORT.COM – Pelatih The Three Lions, Gareth Southgate, sayangkan Evan Ferguson tak bisa membela Timnas Inggris.

Gareth Southgate mungkin secara tak langsung berharap bahwa Evan Ferguson tidak akan mengikuti jejak Erling Haaland yang menolak menjadi warga negara Inggris.

Haaland sendiri lahir di Leeds, Inggris, tetapi bomber Manchester City tetap mengikuti jejak ayahnya, Alfie-Inge Haaland, untuk membela Timnas Norwegia.

Gareth Southgate, yang punya rekam jejak sukses membajak Declan Rice dan Jack Grealish dari cengkraman Irlandia pun kali ini menyayangkan bahwa Evan Ferguson tak membela Inggris, seperti Haaland.

“Saya rasa dia sudah memainkan terlalu banyak pertandingan di level senior. Kalau tidak salah, dia sudah mencatatkan (enam) penampilan sekarang,” ungkap Gareth Southgate.

“Saya tak begitu yakin apakah dia benar-benar tak bisa (membela Inggris), tetapi dia sudah meluruskan bahwa dia merasa lahir di Irlandia sehingga dia mewakili negara tersebut.”

Ibu Ferguson lahir di Inggris, tetapi karena sudah mengantongi enam penampilan di tiga pertandingan kompetitif dan laga persahabatan, pria berusia 18 tahun itu tak bisa berpindah negara menurut aturan terbaru FIFA.

“Saya 100 persen merasa dia adalah pemain yang sangat bagus. Kami harus menghormatinya. Pada waktu yang sama, kami awalnya juga melihat Haaland dan berharap dia juga bisa membela (Inggris).”

“Namun, kami sekarang punya (pemain) nomor 9 yang cukup bagus (Harry Kane) dan saya sangat senang memilikinya,” tutup Gareth Southgate.

Menariknya, di balik performa apik Evan Ferguson ini ternyata ada peran sang pemain menolak pinangan Liverpool dan Manchester United.