Liga 1

Apa Kabar Jeremy Menez? Eks Timnas Prancis Yang Sempat Ramai Diisukan Ke Persik Kediri

Selasa, 12 September 2023 06:45 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Instagram/jeremy_menez187
Publik sepak bola di Indonesia pernah dihebohkan dengan kabar yang menyebutkan Persik Kediri siap mendatangkan eks bintang Timnas Prancis pada Euro 2012 silam. Copyright: © Instagram/jeremy_menez187
Publik sepak bola di Indonesia pernah dihebohkan dengan kabar yang menyebutkan Persik Kediri siap mendatangkan eks bintang Timnas Prancis pada Euro 2012 silam.

INDOSPORT.COM - Publik sepak bola di Indonesia pernah dihebohkan dengan kabar yang menyebutkan Persik Kediri siap mendatangkan eks bintang Timnas Prancis pada Euro 2012 silam.

Dia adalah Jeremy Menez, gelandang serang yang juga sarat jam terbang tinggi di kompetisi level top Eropa. Beberapa klub ternama pernah dibela pemain 36 tahun ini.

Namanya mulai melambung saat menjalani periode bagus bersama AS Monaco. Dia kemudian ditransfer oleh raksasa Serie A Italia, AS Roma pada 2008 silam.

Menez kemudian kembali ke Prancis membela Paris Saint-Germain (2011-2014) dan Bordeaux (2016-2017) meski sempat kembali ke Italia untuk AC Milan (2014-2016).

Setelah dari Milan, karirnya terus menurun. Menez lalu berpetualang ke Turki hingga Liga Meksiko, sebelum kembali ke Italia memperkuat Reggina sejak 2020.

Sementara ramainya kabar transfer yang menyebutkan Jeremy Menez menuju Persik Kediri adalah saat pramusim Liga 1 musim 2022/2023.

Ketika itu, kabar transfernya begitu heboh. Situasi ini juga seiring dengan misi tim berjulukan Macan Putih yang ingin membangun skuat tangguh di Liga 1.

Namun, derasnya kabar itu hanya sebatas rumor belaka. Menez ternyata tak bergeming sedikitpun dan melanjutkan kontraknya untuk Reggina di Serie B Italia.

Menez pun berperan besar dalam perjuangan Reggina untuk segera kembali ke Serie A. Sayang, klubnya itu hanya finis di peringkat 7 klasemen akhir Serie B.

Dia tampil dalam 33 pertandingan dari 38 pekan kompetisi Serie B, serta menyumbang 5 gol dan 3 assist dalam upaya mengantar Reggina ke Serie A.

Masih Di Italia

Lantas, bagaimana kabar gelandang serang yang mengantar Les Blues sampai ke babak perempat final Euro 2012 hingga lolos ke Piala Dunia 2014 Brasil tersebut?

Ternyata, Jeremy Menez masih bertahan di kompetisi Serie B Italia. Dia telah merampungkan 3 musim kompetisi sebagaimana kontraknya di Reggina.

Dia telah berjuang secara maksimal dalam misi mengantar Reggina kembali ke Serie A. Tapi selalu kandas pada pekan-pekan menentukan Serie B selama 3 musim itu.

Menez kemudian berganti jersey menuju Bari, klub yang dulunya pernah melahirkan Antonio Cassano sebagai salah satu striker berbakat di Italia.

"Bari 1908 mendapatkan Jeremy Menez, gelandang berusia 36 tahun secara gratis dari Reggina pada (musim panas) 2023," rilis situs Football Transfer perihal sang pemain.

"Jeremy Menez menyepakati kontrak 1+1 (1 tahun plus opsi 1 tahun perpanjangan) untuk Bari, klub ke-11 yang diperkuatnya sepanjang karir," imbuh rilisan Transfer News Live.

Bari pun tampak berekspektasi besar terhadap pemain yang mengantar AS Roma nyaris meraih scudetto Serie A musim 2009/2010 tersebut.