Liga 1

Profil Jeam Kelly Sroyer, Talenta Papua Orbitan Persik yang Kini Diandalkan Timnas U-23

Rabu, 6 September 2023 11:01 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
© Petrus Manus/INDOSPORT
Jeam Kelly Sroyer, winger Papua asal klub Persik Kediri yang dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia U-23. Copyright: © Petrus Manus/INDOSPORT
Jeam Kelly Sroyer, winger Papua asal klub Persik Kediri yang dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia U-23.

INDOSPORT.COM - Agenda FIFA Matchday tak hanya menjadikan timnas Indonesia senior sibuk selama pekan ini. Timnas U-23 juga disibukkan dengan agenda tak kalah pentingnya.

Ya, tim asuhan Shin Tae-yong harus kembali menempa diri selepas finis sebagai runner-up Piala AFF U-23 yang berlangsung di Thailand, pertengahan Agustus 2023 lalu.

Ernando Ari dkk sudah ditunggu agenda penting lainnya, yakni babak kualifikasi Piala Asia U-23 di Qatar. Indonesia U-23 menjadi tuan rumah Grup K di Stadion Manahan Solo.

Dari 27 pemain yang diandalkan Indonesia, terselip nama Jeam Kelly Sroyer. Ya, winger 20 tahun ini tampil cukup memikat saat gelaran Piala AFF U-23 di Thailand lalu.

Kelly sekaligus menjadi satu-satunya wakil Persik Kediri untuk Timnas U-23 saat ini. Berikut INDOSPORT memaparkan profil singkat dari Jeam Kelly Sroyer.

Muncul di Liga 2

Jeam Kelly Sroyer meniti karirnya sebagai pesepak bola sebagaimana para pemain Papua lainnya. Dia menempa diri sejak usia 18 tahun di PSBS Biak.

Pemain kelahiran Biak ini cukup menarik perhatian selama gelaran Kompetisi Liga 2 di masa pandemi covid-19, musim 2021/2022 lalu.

Kiprahnya terbilang fenomenal untuk ukuran pemain debutan di kancah profesional. Kelly terlibat dalam semua laga PSBS Biak alias 10 pertandingan dengan 1 gol Liga 2 Grup 4.

Sayang, kiprah PSBS Biak hanya meramaikan babak penyisihan grup saja. Tim asuhan Eduard Ivakdalam berada di urutan ke-7 klasemen akhir Grup 4 dengan 7 poin.

PSBS bahkan selamat dari degradasi berkat keunggulan head to head dari Mitra Kukar yang kini terlempar ke Liga 3, karena sama-sama mengoleksi 7 poin.

Orbitan Macan Putih

Javier Roca yang punya pengalaman bermain di Persidafon Dafonsoro era kompetisi ISL, tahu betul bagaimana kualitas dari talenta-talenta asal Papua.

Pelatih Persik Kediri sejak 2021 itu lantas memboyong Kelly pada bursa transfer Januari 2022. Kelly terpilih masuk skuat sebanyak 13 kali dan menyumbang 1 gol.

Karirnya juga tak terpengaruh meski Tim Macan Putih mengalami pergantian pelatih selama 2022/2023, yang awalnya Javier Roca berganti ke Divaldo Alves.

Kendati bukan menjadi opsi pertama, tapi perannya tetap penting. Kelly bermain selama 8 laga dengan 1 gol dibawah arahan pelatih kebangsaan Portugal itu.

Sedangkan di Liga 1 musim 2023/2024, Kelly sudah tampil sebanyak 6 kali dengan 1 assist. Dia pun menjadi opsi penting Marcelo Rospide di lini serang.

Matang di Timnas

Kendati masih jadi opsi kedua di level klub, tapi itu tidak membuat Jeam Kelly Sroyer kehilangan potensinya saat bergabung dengan tim nasional.

Dia menjalani debut saat Timnas U-23 mengadakan uji coba internasional kontra Lebanon U-23, April 2023. Dalam 2 leg, Kelly mencatat 57 menit dan 54 menit.

Karakter permainan yang dibalut dengan skill individu khas Papua, membuat Indra Sjafri tak ragu memboyongnya ke skuat Timnas U-22 untuk SEA Games 2023.

Winger berusia 20 tahun itu lantas merasakan medali emas pertamanya bersama Timnas U-22. Dia bermain 4 kali dengan 1 diantaranya sebagai starter di SEA Games.

Kemampuannya semakin matang saat kembali tergabung di Timnas U-23. Kelly semakin terasah di bawah naungan Shin Tae-yong dan turut mengantar Timnas U-23 runner-up Piala AFF U-23 di Thailand lalu.