Timnas Indonesia

Alwi Farhan Desak PSSI Segera Lantik STY Jadi PNS Usai Timnas Indonesia Cetak Sejarah

Rabu, 13 September 2023 09:51 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong dan Manajer Tim, Endri Irawan di Kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (09/9/23). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong dan Manajer Tim, Endri Irawan di Kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (09/9/23).

INDOSPORT.COM - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan mendesak PSSI agar segera melantik Shin Tae-yong jadi PNS usai cetak sejarah bersama Timnas Indonesia.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mencatatkan rekor fantastis setelah mengantarkan anak-anak asuhnya melaju ke putaran final Piala Asia U-23 2024 di Qatar. 

Timnas Indonesia U-23 memastikan lolos ke Piala Asia U-23 usai menang 2-0 atas Turkmenistan, di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/9/23) malam WIB.

Timnas Indonesia U-23 mencetak gol pertama lewat aksi Ivar Jenner pada menit ke-39. Lalu Garuda Muda memastikan kemenangan lewat sundulan Pratama Arhan di injury time babak kedua. 

Timnas Indonesia U-23 finis sebagai pemuncak klasemen Grup K Kualifikasi Piala Asia, dan otomatis lolos ke Piala Asia U-23 untuk kali pertama sepanjang sejarah.

Selain skuat U-23, Shin Tae-yong juga sukses mengantarkan Timnas Indonesia U-20 hingga Timnas senior menembus Piala Asia di era yang bersamaan.

Sampai kini, belum ada satu pun pelatih Timnas yang bisa menyamai rekor Shin Tae-yong. Ia melewati pencapaian para pelatih U-23 terdahulu, yakni Aji Santoso, Indra Sjafri, dan Luis Milla.

Euforia kemenangan Timnas Indonesia U-23 juga dirasakan oleh seluruh warga Indonesia, termasuk atlet bulutangkis Alwi Farhan.

Lewat sebuah cuitan di media sosial Twitter, Alwi Farhan berharap Shin Tae-yong bisa dikontrak seumur hidup, dan PSSI mau melantik sang pelatih menjadi PNS.