In-depth

Haruskah Gareth Southgate Tetap Andalkan Harry Maguire untuk Euro 2024?

Rabu, 13 September 2023 11:21 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Reuters/Jason Cairnduff
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. Foto: Reuters/Jason Cairnduff. Copyright: © Reuters/Jason Cairnduff
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. Foto: Reuters/Jason Cairnduff.

INDOSPORT.COM - Harry Maguire kembali membuat Gareth Southgate dan Timnas Inggris geleng-geleng kepala jelang Euro 2024.

Seperti diketahui, Harry Maguire memang kerap menjadi bulan-bulanan publik menyusul penampilan dan sepak terjangnya di lapangan.

Tidak hanya di Manchester United, bek berusia 30 tahun tersebut juga menjadi pusat perhatian saat membela Timnas Inggris.

Setelah tempo hari dikritik gara-gara melakukan marking terhadap rekan setim sendiri, Marc Guehi, kali ini ia juga disorot setelah pertandingan melawan Skotlandia.

Timnas Inggris baru saja menyelesaikan partai persahabatan kontra Skotlandia dengan kemenangan 3-1, Rabu (13/09/23).

Tiga gol The Three Lions masing-masing dicetak oleh Jude Bellingham, Phil Foden, dan Harry Kane. Akan tetapi, ada satu hal menarik di papan skor milik Skotlandia.

Adalah nama Harry Maguire yang tercatat di sana sebagai pencetak gol bunuh diri pada menit ke-67. Tidak ayal, publik pun langsung bereaksi melihat fakta menggelikan ini.

Para warganet dunia maya berbondong-bondong membicarakan bagaimana Harry Maguire lagi-lagi membuat blunder untuk timnya.

Situasi sang pemain pun terlihat makin pelik lantaran sudah berkali-kali ia mendapat perlindungan dari Gareth Southgate.

Namun segala bentuk pembelaan tersebut sayangnya tidak sejalan dengan ekspektasi banyak orang. Bukannya membaik, Harry Maguire masih jatuh ke lubang yang sama.

Meski begitu, uniknya, Gareth Southgate masih memberi kepercayaan yang luar biasa bagi beknya tersebut - bahkan setelah mencetak gol bunuh diri untuk Skotlandia.

Bahkan, secara terang-terangan ia mengaku tidak habis pikir dengan perlakuan publik yang sebagian besar buruk terhadap Harry Maguire.

Bagaimanpun juga, ia merupakan pemain yang dulu ikut ambil bagian dalam kesuksesan The Three Lions mencapai semifinal Piala Dunia 2018 dan final Euro 2020.

“Saya tidak pernah tahu ada pemain yang diperlakukan seperti dia,” ucap Gareth Southgate seperti diwartakan BBC.

“Dia sudah luar biasa bagi kami di skuad tersukses kedua Timnas Inggris dekade ini. Dia merupakan bagian penting di dalamnya,” tambah Gareth Southgate lagi.