Timnas Indonesia

Dominasi Bintang Blasteran, Ini 5 Pemain Terbaik Timnas Indonesia U-23 vs Turkmenistan U-23

Rabu, 13 September 2023 07:30 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Kemenangan 2-0 atas Turkmenistan U-23 pada Selasa (13/09/23) malam WIB cukup untuk membawa timnas Indonesia U-23 melaju ke putaran final Piala Asia U-23 2024. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Kemenangan 2-0 atas Turkmenistan U-23 pada Selasa (13/09/23) malam WIB cukup untuk membawa timnas Indonesia U-23 melaju ke putaran final Piala Asia U-23 2024.

INDOSPORT.COM - Kemenangan 2-0 atas Turkmenistan U-23 pada Selasa (13/09/23) malam WIB cukup untuk membawa timnas Indonesia U-23 melaju ke putaran final Piala Asia U-23 2024.

Ivar Jenner dan Pratama Arhan menjadi pembeda di Stadion Manahan, Solo, dengan sumbangan satu gol pada masing-masing babak.

Tambahan tiga poin membuat Timnas Indonesia U-23 resmi lolos ke Qatar sebagai juara Grup K dengan rekor kemenangan 100% dari dua laga.

Sementara itu bagi Turkmenistan U-23, kekalahan ini membuat langkah mereka terhenti. Mereka berhak menemani anak-anak asuh Shin Tae-yong ke Piala Asia U-23 tahun dengan menjadi salah satu runner-up terbaik.

Sejak babak pertama timnas Indonesia U-23 bermain dominan meski pada awalnya sempat sulit melewati low block Turkmenistan U-23.

Merah-Putih mampu menguasai 70% aliran bola dan mampu melepaskan 16 tembakan dengan tujuh di antaranya mengarah ke gawang lawan kawalan Ahallyyev Rustem.

Berikut ini adalah lima nama yang kami rasa punya peran menonjol dalam kemenangan atas Turkmenustan U-23 dan layak menjadi man of the match.

1. Ivar Jenner

Di saat penampilan Marselino Ferdinan tidak setajam kala menghadapi China Taipei U-23, Ivar Jenner tetap stabil dan bahkan semakin membaik saja.

Gol yang diciptakannya di menit ke-41 lahir di waktu yang tepat. Selain memecah kebuntuan, mood timnas Indonesia U-23 menjadi lebih baik karena bisa unggul saat memasuki jeda pertandingan.

Gelandang kelahiran Belanda ini memang layak dipuji berkat tembakan terukurnya namun aspek pertahanan juga patut diacungi jempol. Dengan lima usaha sukses, ia menjadi penekel terbaik di laga semalam.

2. Elkan Baggott

Sempat dianggap akan kesulitan menghadapi serangan balik cepat Turkmenistan U-23 yang dipimpin oleh striker tajam Hydyrow Shamammet, Elkan Baggott nyatanya masih bisa menjaga cleansheet tetap dibawa pulang.

Lagi-lagi justru kemampuan ball playing dari bek jangkung blasteran Indonesia-Inggris ini kembali terlihat.

Sembari mencatatkan 5 perebutan bola sukses, Baggott juga menjadi distributor umpan terbanyak dengan 74 attempt bersih.

3. Rafael Struick

Sayang sekali Rafael Struick gagal menambah pundi-pundi golnya yang sudah mulai terisi di partai melawan China Taipei U-23 namun perannya tetap terasa di laga kontra Turkmenistan.

Penyerang yang juga punya akar Belanda ini jadi pemain paling agresif dengan catatan tiga tembakan ke arah gawang.

Tetap bisa bermain baik meski duet starternya diubah dari Ramadhan Sananta menjadi Hokky Caraka juga menunjukkan daya adaptasi oke dari Struick.

4. Arkhan Fikri

Tidak masalah Marselino Ferdinan sedikit tidak terlihat semalam karena Arkhan Fikri tetap bisa menjadi tandem yang oke bagi Ivar Jenner.

Bahkan Arkhan adalah pemberi assist untuk gol Jenner dengan sebuah umpan ke ruang kosong dimana kemudian sang scorer langsung berada dalam posisi siap tembak.

Jika terus konsisten, pemakai nomor punggung 10 ini bisa tidak lagi menjadi opsi ketiga di belakang rekan-rekannya tadi namun calon starter tak tersentuh.

5. Pratama Arhan

Wing-back rasa penyerang sayap. Istilah tersebut masih bisa disematkan pada Pratama Arhan yang lagi-lagi mencatatkan namanya di papak skor.

Bersama Marselino kini bintang Tokyo Verdy itu adalah top skor timnas Indonesia U-23 sepanjang kualifikasi Piala Asia U-23 2024 dengan dua gol.

Lemparan ke dalam dan juga eksekusi bola matinya juga masih sangat mengancam semalam membuatnya tampak semakin berbahaya dari waktu ke waktu.