Liga Indonesia

Profil Enzo Celestine, Striker Rp1 Miliar Milik Persipura di Liga 2 23/24

Jumat, 15 September 2023 17:45 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Instagram/enzocelestine
Striker asal Prancis yang dirumorkan tengan dibidik Persipura Jayapura, Enzo Celestine. Copyright: © Instagram/enzocelestine
Striker asal Prancis yang dirumorkan tengan dibidik Persipura Jayapura, Enzo Celestine.

INDOSPORT.COMPersipura mengusung misi tinggi di Liga 2 musim ini, hal tersebut terlihat dari geliat mereka yang mendatangkan striker asing Enzo Celestine pada bursa transfer kemarin.

Berstatus sebagai salah satu klub yang memiliki banyak prestasi di Liga Indonesia, jelas Persipura berharap bisa kembali bangkit dan bersaing di kasta teratas musim depan.

Di musim lalu, mimpi tersebut sempat hampir terwujud saat Persipura mampu memuncaki klasemen Wilayah Timur Liga 2 22/23.

Dari enam pertandingan, Persipura sukses meraih tiga kemenangan serta hanya sekali kalah. Dengan hasil tersebut, skuat Mutiara Hitam berpotensi besar lolos ke putaran kedua Liga 2.

Akan tetapi, kompetisi malah berhenti ditengah jalan imbas dari tragedi Kanjuruhan dan membuat langkah Persipura untuk promosi tertunda sementara waktu.

Kini di musim baru, Persipura tampaknya masih sangat bersemangat untuk bisa mendapat tiket ke Liga 1 dengan mendatangkan pemain asing anyar.

Meski kesulitan menggandeng sponsor, namun hal tersebut tidak mempengaruhi manajemen Persipura untuk mempertajam barisan lini depan mereka.

Melansir dari media sosial resmi Persipura, tim yang kini diarsiteki Tony Ho tersebut resmi mendatangkan Enzo Celestine asal Prancis sebagai striker baru.

Bahkan pemain berusia 26 tahun tersebut sudah langsung jalani laga debut di Liga 2 saat Persipura menghadapi Kalteng Putra pada pekan perdana.

Sayangnya, faktor kelelahan dan proses adaptasi yang belum sempurna membuat Enzo Celestine masih belum bisa catatkan nama di papan skor.

Jika melihat dari rekam jejak kariernya, Enzo Celestine punya pengalaman bermain yang cukup menjanjikan di kawasan Eropa.

Tercatat, Enzo Celestine pernah bermain buat tim kasta ketiga Liga Prancis, kasta ketiga Liga Belgia serta pencapaian terbaiknya adalah mentas di divisi utama Liga Rumania.

Ketika masih bermain buat Walhain di divisi tiga Liga Belgia tahun 2019, Enzo Celestine bahkan mampu mencetak enam gol hanya dalam delapan pertandingan.

Pada musim lalu, pemain yang memiliki market value 100 ribu euro atau setara Rp 1,74 miliar ini masih mentas di SuperLiga Romania atau kasta teratas Liga Rumania bersama ACSC FC Arges.

Di tim yang pernah diperkuat Adrian Mutu tersebut, Enzo Celestine mampu tampil sebanyak 11 pertandingan dengan torehan satu gol di semua ajang.

Dengan usia yang masih sangat muda yakni 26 tahun, kehadiran Enzo Celestine diprediksi bakal membuat warna baru buat lini serang Persipura.

Berbekal kecepatan para sayap Persipura serta postur tubuh Enzo Celestine yang menjulang tinggi mencapai 191 cm, tampaknya skuat Mutiara Hitam bisa jadi calon penantang gelar juara Liga 2 23/24.

Selain itu, pengalaman Enzo Celestine yang merupakan eks tim kasta teratas Eropa membuatnya berpotensi besar jadi pesaing top skor.