Liga Indonesia

Widodo C Putro Evaluasi Skuat Deltras FC Usai Gagal Menang Lagi di Liga 2 23/24

Senin, 18 September 2023 17:30 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Subhan Wirawan
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Widodo C Putro memimpin latihan perdana Deltras FC di Lapangan Siwalanpanji, Sidoarjo. (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT) Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Widodo C Putro memimpin latihan perdana Deltras FC di Lapangan Siwalanpanji, Sidoarjo. (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Deltras FC kembali meraih hasil imbang 1-1 pada pekan ke-2 kompetisi Liga 2 musim 2023-2024 melawan Persekat Tegal, Minggu (17/09/2023) kemarin.

Melihat hasil ini, pelatih Deltras FC Widodo C Putro membeberkan evaluasi terhadap timnya demi raih hasil maksimal pada pertandingan selanjutnya.

Evaluasi pertama yang segera dilakukan adalah kecepatan pemainnya dalam beradaptasi di segala kondisi lapangan. Hal ini merujuk pada kondisi lapangan di Stadion Mochtar Pemalang, Jawa Tengah pada Minggu (17/9/23).

“Kami selalu bermasalah dengan kultur tanah lapangan yang bolanya melenting-melenting ini. Tapi ini bukan suatu alasan,” katanya dalam konferensi pers kemarin usai laga.

“Tapi inilah sepak bola, kita harus terus benahi karena kenyamanan, keindahan sepak bola itu salah satunya faktor lapangan,” lanjutnya.

Menurutnya atas dasar inilah pemainnya tidak bisa menerapkan taktik dan strategi yang telah disiapkan sebelumnya.

“Jadi pemain juga mengeluhkan, kami terbiasa lapangan dengan kultur yang ada rumputnya. Ini hanya tipis jadi agak kesulitan,” jelas Widodo.

Akhirnya dengan kondisi lapangan tersebut, skuad Deltras FC banyak memainkan umpan-umpan panjang. Cara bermain ini jelas tidak seperti Deltras FC pada umumnya yang banyak mengandalkan umpan-umpan pendek.

“Akhirnya teman-teman pemain, terakhir sedikit bermain long ball,” ungkap pelatih kelahiran Cilacap ini.

Pelatih Deltras FC Widodo C Putro mengungkapkan bakal melakukan evaluasi terhadap pola pikir (mindset) pemainnya. Evaluasi ini dilakukan setelah melihat hasil pertandingan Persekat Tegal vs Deltras FC akhir pekan kemarin.

Menurut Widodo, timnya sebenarnya sudah unggul namun sayangnya pola permainan tidak berubah di lapangan.

“Kami akan evaluasi lagi kenapa pemain kami setelah unggul mindsetnya terus bertahan, padahal kami mengizinkan tetap menyerang dari wing back, dari tengah, bahkan dari striker,” tuturnya.

“Tapi mungkin mindset ini yang perlu diperbaiki. Kami masih ada beberapa pertandingan, sehingga nantinya mindset ini yang perlu diperbaiki,” jelasnya.

Harapannya pada pertandingan selanjutnya, pemain Deltras FC memainkan bola tidak umpan jauh.

“Kami masih ada beberapa pertandingan, sehingga nantinya di dalam keadaan tertekan atau unggul, kita bisa tetap menyerang tanpa memainkan bola long ball lagi,” ungkapnya.

Tetap Apresiasi
Widodo C Putro tetap mengapresiasi pemain-pemainnya usai laga melawan Persekat Tegal akhir pekan kemarin. Meskipun The Lobster kembali menelan hasil imbang kedua kali, semua pemain sudah tampil maksimal.

“Saya berterima kasih pemain sudah bekerja keras dengan kondisi lapangan yang keras, udara panas yang menyengat, tidak ada rest atau break untuk pemain,” katanya.

Alasan yang disebutkannya itu wajar, dia khawatir pemainnya cedera dengan kondisi cuaca dan lapangan seperti itu.

“Saya mengkhawatirkan pemain-pemain gampang cedera. Puji syukur pemain kami dan Persekat tidak ada yang cedera, jadi pertandingan ini selesai dengan lancar,” pungkasnya.