In-depth

5 Klub Termahal di Liga Champions, Duo Wakil Inggris Bernilai Fantastis

Selasa, 19 September 2023 14:53 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Stoyan Nenov
Sejumlah anggota kontestan Liga Champions (Champions League) 2023/2024 memiliki nilai pasar yang cukup fantastis. Foto: REUTERS/Stoyan Nenov. Copyright: © REUTERS/Stoyan Nenov
Sejumlah anggota kontestan Liga Champions (Champions League) 2023/2024 memiliki nilai pasar yang cukup fantastis. Foto: REUTERS/Stoyan Nenov.

INDOSPORT.COM - Sejumlah anggota kontestan Liga Champions (Champions League) 2023/2024 memiliki nilai pasar yang cukup fantastis, bahkan tembus hingga Rp19 triliun.

Dari masa ke masa, Liga Champions kerap didominasi klub-klub papan atas yang mengantongi banyak pemain mahal plus reputasi klub yang tinggi.

Meski begitu, tentu tidak semuanya bisa menjadi klub dengan nilai pasar tertinggi di kompetisi sepak bola level Eropa ini.

Predikat tersebut untuk sekarang menjadi milik Manchester City, yang menurut data Transfermarkt bernilai 1,18 miliar euro.

Ya, nilai pasar Manchester City ternyata menyentuh angka Rp19,6 triliun, dengan total 24 pemain di skuadnya.

Klub ini dimiliki oleh City Football Group yang didirikan oleh Sheikh Mansour. Jumlah trofi yang telah mereka raih pun juga tidak sedikit.

Lalu dengan isi skuad yang berkualitas, tentu tidak mengherankan apabila Manchester City menjadi salah satu kandidat juara untuk Liga Champions 2023/2024.

Mereka bahkan memiliki mesin gol dengan level keganasan di atas rata-rata, Erling Haaland. Saat ini ia bahkan menjadi pemain termahal di skuad (180 juta euro).

Pemain termahal kedua di kubu The Citizens, Phil Foden, juga memiliki nilai pasar di atas 100 juta euro.

Selain keduanya, Manchester City juga memiliki sederet pemain yang nilai pasarnya tergolong tinggi seperti Rodri, Bernardo Silva, Julian Alvarez, Jack Grealish.

Lalu tidak ketinggalan pula Ruben Dias, Josko Gvardiol, Kevin De Bruyne, Matheus Nunes, dan masih banyak lagi.

Skuad dengan kekuatan super ini pun menjadi bekal luar biasa bagi Manchester City untuk meraih mahkota juara lagi di Eropa.

Setelah Manchester City, Arsenal adalah klub kedua dengan nilai pasar tertinggi yakni 1,09 miliar euro atau sekitar Rp17,9 triliun.

Arsenal dimiliki oleh Kroenke Sports & Entertainment. Menurut data Transfermarkt, mereka memiliki 25 pemain di skuadnya.

Meski begitu, Arsenal dalam beberapa tahun belakangan masih kalah dari Manchester City untuk soal raihan gelar.

Mereka terus-terusan berkutat di Liga Europa dan baru kembali ke Liga Champions musim ini setelah finis di peringkat dua Liga Inggris 2022/2023.