In-depth

Kesalahan Taktik Pioli yang Tak Boleh Diulang saat AC Milan Main di Liga Champions

Selasa, 19 September 2023 11:55 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© REUTERS/Daniele Mascolo
Pelatih AC Milan, Stefano Pioli. Foto: REUTERS/Daniele Mascolo. Copyright: © REUTERS/Daniele Mascolo
Pelatih AC Milan, Stefano Pioli. Foto: REUTERS/Daniele Mascolo.

INDOSPORT.COM – Demi raih poin perdana di Liga Champions malam nanti, Stefano Pioli tak boleh melakukan kesalahan yang sama seperti saat AC Milan kalah telak dari Inter Milan di Liga Italia.

Bertanding di San Siro pada Selasa (19/09/2023) malam WIB, tuan rumah AC Milan akan mengawali laga pertama mereka di fase grup Liga Champions dengan menghadapi Newcastle United.

Bagi AC Milan, ini merupakan musim ketiga mereka secara berturut-turut tampil di kancah Liga Champions.

Untuk musim ini, AC Milan tergabung di grup neraka bersama Paris Saint-Germain (PSG), Borussia Dortmund, dan Newcastle United.

Sayangnya AC Milan harus memulai perjuangan di Liga Champions dengan kondisi terpuruk, lantaran di laga sebelumnya sempat telan kekalahan telak dari Inter Milan.

Dalam lanjutan pekan keempat Liga Italia hari Sabtu (16/09/2023) lalu, AC Milan harus pulang dengan tangan kosong usai dibantai 5-1 oleh sang rival.

Kekalahan tersebut membuat AC Milan melorot ke posisi tiga klasemen, serta memperpanjang rekor kekalahan mereka jadi lima kali beruntun ketika menghadapi Inter Milan sepanjang tahun 2023.

Berkaca dari hasil minor tersebut, AC Milan jelas sangat wajib melakukan perubahan saat menghadapi Newcastle United di Liga Champions nanti.

Salah satu taktik yang harus dirubah adalah skema inverted wing back yang sempat diperkenalkan Pioli pada awal musim serta beberapa laga pramusim.

Dalam skema ini, Pioli menekankan para bek sayap untuk lebih sering menusuk ke pertahanan lawan dengan dribbling atau off the ball movement.

Kemudian para inverted wing back tersebut kerap berada di area Half Space agar opsi serangan AC Milan bisa lebih variatif lantaran ada banyak pemain yang bisa diberikan umpan.