In-depth

3 Alasan Persib Bandung Bisa Gaet Wiljan Pluim dari PSM Makassar di Putaran 2 Liga 1

Jumat, 22 September 2023 16:49 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain PSM Makassar, Wiljan Pluim dan pemain Persija Jakarta, Muhammad Ferarri pada pekan pertama Liga 1 2023-2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (03/07/23). (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT) Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain PSM Makassar, Wiljan Pluim dan pemain Persija Jakarta, Muhammad Ferarri pada pekan pertama Liga 1 2023-2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (03/07/23). (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Ada tiga alasan klub Persib Bandung bisa menggaet Wiljan Pluim dari PSM Makassar, pada bursa transfer paruh musim untuk persiapan putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024.

Rumor transfer Liga 1 2023-2024 sudah mulai panas, meskipun bursa transfer paruh musim belum dibuka. Kali ini, nama Wiljan Pluim yang diisukan akan hengkang dari PSM Makassar.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini, diisukan akan meninggalkan PSM, lantaran klub berjuluk Juku Eja tersebut diduga kesulitan keuangan untuk membayar gaji pemain.

Andai Wiljan Pluim benar-benar hengkang dari PSM Makassar setelah berakhirnya putaran pertama, nampaknya tidak butuh waktu lama bagi pemain berusia 34 tahun itu untuk mendapatkan klub baru di Liga 1.

Pasalnya, sudah ada tiga klub yang dikabarkan siap untuk menampung Wiljan Pluim, ketiga tim tersebut yakni Dewa United, Persis Solo, hingga Persib Bandung.

Sejauh ini, hingga memasukkan pekan ke-12 kompetisi Liga 1 2023-2024, Wiljan Pluim sudah tampil dalam 9 pertandingan, selain itu dia mengoleksi satu gol dan dua assist.

Pada dua pertandingan terakhir di kompetisi Liga 1 2023-2024, yakni pekan ke-11 dan 12 dia tidak ada dalam daftar susunan pemain (DSP) PSM Makassar.

Sebagaimana diketahui, Willem Jan Pluim adalah pemain asing yang sudah lama membela PSM Makassar. Pemain asal Belanda itu membela Pasukan Ramang sejak tahun 2016 silam.

Salah satu pencapaian terbaiknya adalah membawa PSM Makassar menjuarai Piala Indonesia 2018/2019, hingga juara Liga 1 2021-2022.

Berikut ini INDOSPORT.com mengulas tiga alasan Persib bisa menggaet Wiljan Pluim dari PSM, pada bursa transfer paruh musim untuk persiapan putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024.

Durasi Peminjaman Levy Madinda Berakhir Desember

Peluang Persib Bandung, untuk merekrut Wiljan Pluim pada bursa transfer paruh musim cukup terbuka, pasalnya gelandang asal Gabon Levy Madinda durasi peminjamannya akan berakhir pada Desember 2023.

Sebagai informasi, Madinda didatangkan oleh Persib dari klub Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT) dengan status pemain pinjaman hingga bulan Desember 2023.

Jika durasi peminjamannya berakhir dan Persib tidak dapat menggunakan lagi jasa Madinda, maka slot pemain asing dan posisi gelandang di skuad Maung Bandung menjadi kosong.

Dengan demikian, peluang Persib untuk mendatangkan Wiljan Pluim pada putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024 akan terbuka lebar.

PSM Makassar Dilanda Krisis Keuangan

PSM Makassar diduga kesulitan keuangan untuk membayar gaji pemain. Bahkan para pemain PSM Makassar, yakni Yakob Sayuri dan Yance Sayuri juga memberikan 'kode' di media sosial, jika gaji para pemain belum dibayarkan oleh klub.

Krisis keuangan tersebut, memunculkan isu jika Wiljan Pluim akan meninggalkan PSM Makassar dan bergabung dengan tim peserta Liga 1 lainnya.

Terlepas dari apa pun masalah yang menimpa klub PSM Makassar saat ini, kabar mengenai Wiljan Pluim yang ingin hengkang tentu saja mengejutkan penggemar.

Pernah Bersama Bojan Hodak di PSM

Di antara tiga klub yang dikaitkan dengan Wiljan Pluim, mungkin paling dekat dia dengan kubu Persib Bandung. Pasalnya, klub asal Jawa Barat itu kini sedang dilatih oleh Bojan Hodak.

Pelatih berkebangsaan Kroasia itu pernah bekerja sama dengan Wiljan Pluim ketika ia masih membesut PSM Makassar di Liga 1 2020 lalu.

Selain itu, Pluim juga bisa bereuni dengan rekan asal Belanda, Marc Klok, yang juga pernah bersama-sama berjuang di PSM Makassar pada beberapa tahun silam.