In-depth

Awalnya Diragukan, Bukti Sahih Liverpool jadi Ancaman Terbesar Man City dan Arsenal di Liga Inggris

Sabtu, 30 September 2023 21:10 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Peter Powell
Publik jelas memprediksikan jika Liga Inggris (Premier League) 2023/2024 akan jadi adu pacu antara Arsenal dan Manchester City lagi namun Liverpool menggebrak. (Foto: REUTERS/Peter Powell) Copyright: © REUTERS/Peter Powell
Publik jelas memprediksikan jika Liga Inggris (Premier League) 2023/2024 akan jadi adu pacu antara Arsenal dan Manchester City lagi namun Liverpool menggebrak. (Foto: REUTERS/Peter Powell)

INDOSPORT.COM - Publik jelas memprediksikan jika Liga Inggris (Premier League) 2023/2024 akan jadi adu pacu antara Arsenal dan Manchester City lagi namun Liverpool menggebrak.

Sampai enam pekan berjalan The Reds sama sekali belum kalah dengan koleksi 16 poin dan berhak bertengger di posisi kedua klasemen sementara.

Laju Liverpool memang belum sesempuran Manchester City yang masih bisa menjaga rekor 100% kemenangan namun ada tanda jika skuad asuhan Jurgen Klopp siap kembali menjalani title race lagi usai musim lalu hanya jadi penonton.

Total ada sembilan poin yang Liverpool menangkan di Liga Inggris 2023/2024 dari posisi tertinggal.

Opta mencatat tidak ada tim yang memiliki rekor comeback lebih baik dari mereka sejauh ini dengan hanya Tottenham Hotspur yang terdekat (8).

Comeback tersebut Liverpool lakukan saat melawan Bournemouth (3-1), Newcastle United (1-2), dan Wolverhampton Wanderers (1-3).

Rahasia Liverpool untuk menjadi penantang gelar lagi adalah lini depan yang tajam juga kreatif.

Dengan xG atau angka harapan gol berjumlah 13,3, mereka adalah tim paling berbahaya setelah Manchester City (13,9) saat tulisan ini dibuat.

Namun The Citizens tertinggal dalam urusan penciptaan peluang emas yang merupakan peluang dimana gol lebih mungkin tercipta yakni 17:15.

Padahal Klopp musim ini bereksperimen dengan cetak biru taktik baru yang ia namai 'Liverpool 2.0'. Liverpool tidak lagi mengandalkan transisi cepat saja.

Mereka tetap cepat namun sesekali memperlambat tempo demi menjaga kualitas possesion. Tidak seperti Manchester City yang masih jadi tim paling 'slow' dengan pergerakan bola rata-rata 1 meter tiap 5,5 umpan.

Hanya West Ham (2,25 meter/detik) dan Nottingham Forest (2,1 meter/detik) yang menghantarkan si kulit bundar lebih cepat ketimbang Liverpool (1,95 meter/detik).