Liga 1

Catur Pamungkas ‘Hajar’ Bek Dewa United Hingga Pingsan, Pelatih Persebaya: Tidak Sengaja

Sabtu, 30 September 2023 22:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© MO Dewa United
Duel pemain Dewa United, Adi Setiawan dengan pemain Persebaya Surabaya pekan ke-14 Liga 1 2023 di Stadion Indomilk Arena (Tangerang), Sabtu (30/09/23). (Foto: MO Dewa United) Copyright: © MO Dewa United
Duel pemain Dewa United, Adi Setiawan dengan pemain Persebaya Surabaya pekan ke-14 Liga 1 2023 di Stadion Indomilk Arena (Tangerang), Sabtu (30/09/23). (Foto: MO Dewa United)

INDOSPORT.COM - Pelatih Persebaya Surabaya, Josep Gombau mengatakan pelanggaran Catur Pamungkas terhadap bek Dewa United, Ady Pamungkas bukan unsur kesengajaan.

Tapi, Josep setuju dengan kartu merah yang diterima anak asuhnya. Catur Pamungkas melakukan pelanggaran pada menit ke-33. Insiden  terjadi saat hendaknya berebut bola udara dengan Ady Setiawan.

Namun, sikut dan lutut Catur terlihat menghatam bagian belakang kepala dan rusuk Ady Setiawan.

Akibat kejadian tersebut, Ady sempat pingsan. Dia langsung dilarikan ke rumah sakit Mentari, yang berada di depan Indomilk Arena.

Sedangkan Catur dihadiahi kartu merah langsung oleh wasit Asep Yandis dan diusir dari lapangan.   

Menurut Josep Gombau, tidak ada unsur kesengajaan dari Catur Pamungkas untuk menciderai lawan. Terkait gerakan tangan, pemain 24 tahun itu dinilai hanya berusaha melindungi diri saat ada benturan.

“Saya pikir itu memang pelanggaran, itu momen keduanya melompat dan posisinya 50:50 berusaha dapatkan bola dan sikutnya tidak sengaja karena berusaha melindungi dirinya,” ujarnya usai laga.

Tapi, pelatih asal Spanyol itu setuju dengan kartu merah langsung yang diterima Catur Pamungkas. 

Ke depan, Josep Gombau berjanji akan memberikan pemahaman ke para pemain supaya tidak melakukan pelanggaran serius yang bisa rugikan tim. 

“Saya pikir fair kartu merahnya, saya akan kasih tau supaya tidak terulang. Dia (catur) masih muda, pasti banyak kesalahan dan akan terus berkembang  dan terus belajar,” jelas pelatih 47 tahun itu. 

Sementara itu, kondisi Ady dilaporkan sudah sadar. Tapi, pemain asal Nusa Tenggara Barat itu masih harus jalani cek up lebih lanjut untuk memastikan tidak ada yang patah dan lainnya.

Medical officer Indomilk Arena, dokter Ahmad Marasabessy yang turut menangani Ady Setiawan menjelaskan, sang pemain berada dalam kondisi yang cukup baik. 

Laga Dewa United vs Persebaya berakhir imbang 1-1. Bajul Ijo unggul terlebih dahulu lewat aksi Ripal Wahyudi pada menit ke-17, sedangkan gol tuan rumah dicetak Majed Osman menit 45+6.

Pelatih Dewa United, Jan Olde menyatakan Catur Pamungkas layak dikartu merah. Keputusan wasit sudah tepat dan Ady sudah dalam kondisi baik.