Liga 1

Pelatih Dewa United Singgung Egy MV Usai Ditahan 10 Pemain Persebaya

Minggu, 1 Oktober 2023 10:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© MO Dewa United
Selebrasi pemain Dewa United Majed Osman bersama rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Persebaya Surabaya pada pekan ke-14 Liga 1 2023 di Stadion Indomilk Arena (Tangerang), Sabtu (30/09/23). (Foto: MO Dewa United) Copyright: © MO Dewa United
Selebrasi pemain Dewa United Majed Osman bersama rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Persebaya Surabaya pada pekan ke-14 Liga 1 2023 di Stadion Indomilk Arena (Tangerang), Sabtu (30/09/23). (Foto: MO Dewa United)

INDOSPORT.COM - Pelatih Dewa United, Jan Olde Riekerink, menyesalkan timnya hanya bermain imbang lawan Persebaya Surabaya pada pekan ke-14 Liga 1 2023/24, Sabtu (30/09/23) di Indomilk Arena. Skor akhir laga ini adalah 1-1. 

Dewa United kebobolan terlebih dahulu lewat aksi gelandang Persebaya, Ripal Wahyudi, pada menit ke-17. Tuan rumah baru bisa samakan kedudukan berkat gol yang dicetak Majed Osman menit 45+6.

Tim Tangsel Warrior sebenarnya punya keuntungan jumlah pemain, setelah bek Bajul Ijo, Catur Pamungkas dikartu merah sejak menit ke-37. Namun, hal itu gagal dimanfaatkan Dewa United untuk tambah gol. 

Jan Olde mengatakan, timnya memang menguasai permainan, tapi tidak banyak peluang berbahaya yang diciptakan. Mereka lebih sering bermain di sisi sayap dan kalah dalam pertarungan di lini tengah. 

"Satu hal yang jadi kekurangan adalah kami tidak bisa bikin peluang, aksi individu dari sektor sayap, second ball (yang seharusnya) bisa ditendang langsung. Jadi kami tidak bisa menciptakan peluang di pertandingan ini. Itu yang tidak ada di tim ini, meski kami dominan," kata juru taktik asal Belanda itu. 

Secara statistik, Dewa United FC memang lebih menguasai pertandingan. Tim kebanggaan Anak Dewa itu mencatatkan penguasaan bola mencapai 59 persen dengan melepas 11 tembakan ke gawang Persebaya.

Situasi ini dinilai sudah terjadi sejak pekan sebelumnya. Tidak ada pemain yang bisa memberikan warna baru dalam permainan, terutama dalam mengalirkan bola. 

"Kami tidak menciptakan peluang, sama seperti pekan lalu. Seharusnya ada situasi di mana siapa yang bikin peluang dan siapa yang harus cetak gol," ujar Jan Olde. 

Menurut Jan Olde, salah satu pemain yang bisa membuka atau menciptakan peluang adalah Egy Maulana Vikri. Sayangnya, pemain 23 tahun itu absen karena membela Timnas Indonesia U-24 di Asian Games 2022. 

Egy termasuk dalam jajaran pemain yang menciptakan banyak assist pada musim ini. Eks Lechia Gdansk itu telah catatkan empat umpan kunci dan jadi terbanyak di kubu Dewa United atau tepat dua angka dari top assist sementara Liga 1 2023. 

"Salah satu yang bisa ciptakan peluang adalah Egy. Itu bisa dilihat dari statistik musim ini, karena ia berada di jajaran papan atas top assist," ucap Jan Olde. 

"Dia sudah akan kembali dan kabarnya bergabung dengan tim besok (hari ini-red)," tuntasnya. 

Hasil imbang pada pekan ke-14 membawa Dewa United naik satu peringkat di klasemen sementara Liga 1 2023/24 yakni posisi ke-12. Tim promosi itu kumpulkan 18 poin dari 14 penampilan.

Sementara itu, Persebaya Surabaya naik ke urutan lima klasemen sementara Liga 1 2023. Mereka berhasil mengoleksi 22 poin dari 13 laga dengan meraih 6 menang, 4 seri dan 4 kalah.