In-depth

Laga Sepak Bola Paling Kontroversial Versi Media Asing, Timnas Indonesia Ikut Terseret

Senin, 2 Oktober 2023 17:25 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© The FA
Sepak bola menjadi salah satu olahraga yang kerap menghadirkan kontroversi, salah satunya pertandingan internasional yang melibatkan Timnas Indonesia. Copyright: © The FA
Sepak bola menjadi salah satu olahraga yang kerap menghadirkan kontroversi, salah satunya pertandingan internasional yang melibatkan Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM – Sepak bola menjadi salah satu olahraga yang kerap menghadirkan kontroversi, salah satunya pertandingan internasional yang melibatkan Timnas Indonesia.

Pertandingan kontroversial yang melibatkan Timnas Indonesia itu terjadi pada ajang Piala AFF atau Piala Tiger pada tahun 1998 silam.

Dalam laga terakhir grup A, Timnas Indonesia dan Thailand yang saling berhadapan menampilkan pertandingan kontroversial yang dikenal sebagai sepak bola gajah.

Kedua tim tak bermain serius agar tak bersua Vietnam. Puncaknya, penggawa Timnas Indonesia, Mursyid Effendi, melakukan gol bunuh diri secara sengaja sehingga timnya kalah 2-3 dari Thailand.

Karena gol bunuh diri dan sepak bola gajah ini, Indonesia serta Thailand dihukum denda 40 ribu dolar AS dan Mursyid Effendi disanksi larangan bertanding di ajang internasional seumur hidup.

Pertandingan itu kemudian disebut media asing, The Peninsula Qatar, sebagai salah satu pertandingan kontroversial. Lalu, apa pertandingan kontroversial lainnya di sepak bola menurut media itu?

1. Barbados vs Grenada

Pada tahun 1994 silam di ajang Piala Karibia atau Carribean Cup, dua tim yakni Barbados dan Grenada saling berhadapan pada laga terakhir grup 1.

Di laga terakhir itu, Barbados butuh kemenangan dengan selisih dua gol agar bisa lolos ke putaran kedua. Sayangnya, harapan ini sempat sirna usai pertandingan hampir berakhir dengan skor 2-1.

Karena Barbados paham bahwa di ajang ini gol emas di Extra Time bernilai dua gol, maka pemainnya, Terry Sealey, membuat gol bunuh diri dan kedudukan menjadi 2-2 di waktu normal.

Sadar dengan tindakan Barbados, Grenada pun hendak melakukan gol bunuh diri agar lawannya unggul 3-2. Tapi Barbados justru bertahan di depan gawang lawannya itu dan skor 2-2 bertahan.

Alhasil laga dilanjutkan ke babak Extra Time. Di babak Extra Time ini, Barbados berhasil mencetak gol dan kemudian disahkan menang 4-2 karena aturan gol emas bernilai dua gol.