In-depth

Jadikan Hojlund Pusat Permainan Tim dan 3 Jalan Lain Selamatkan Musim Manchester United

Jumat, 6 Oktober 2023 16:20 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Jason Cairnduff
Manchester United tengah menjalani awal musim Liga Inggris (Premier League) 2023/2024 yang sebelumnya tidak terbayangkan. (Foto: REUTERS/Jason Cairnduff) Copyright: © REUTERS/Jason Cairnduff
Manchester United tengah menjalani awal musim Liga Inggris (Premier League) 2023/2024 yang sebelumnya tidak terbayangkan. (Foto: REUTERS/Jason Cairnduff)

INDOSPORT.COM - Manchester United tengah menjalani awal musim Liga Inggris (Premier League) 2023/2024 yang sebelumnya tidak terbayangkan.

Rasmus Hojlund dan kolega hanya punya sembilan poin dari tujuh pekan perdana dan sudah menelan empat kekalahan.

Komputer super dari Opta sebelum musim bergulir memprediksi jika Manchester United punya 63,2% kesempatan untuk finis enam besar namun statistik kini tidak lagi berpihak pada mereka.

Kini Setan hanya punya 4,0% saja kans untuk bisa menyelesaikan kompetisi di zona Liga Champions dan diprediksi hanya mampu berdiri di posisi sembilan klasemen akhir, satu tingkat lebih baik dari tempat mereka saat ini.

Padahal di musim kedua era manajerial Erik ten Hag harusnya Manchester United sudah bisa semakin nyaman bicara soal title chalenge namun kini seolah progres yang dibangun setahun terakhir malah mengalami kemunduran.

Namun bagaimanapun parahnya situasi terkini di Old Trafford masih ada waktu untuk membenahi diri. Musim masih cukup panjang dan target finis empat besar dapat diselamatkan dengan berbagai cara seperti berikut ini.

1. Tungguh Kesembuhan Pemain dan Tingkatkan Ketahanan

Cedera pemain jadi alasan kenapa Manchester United terperosok ke situasi mereka saat ini. Setidaknya tujuh penggawa tim senior mereka berhalangan tampil karena harus menepi sementara waktu.

Yang menyulitkan adalah krisis ini terkonsentrasi pada satu sektor saja yakni pertahanan dengan pos bek kiri terhantam paling keras.

Semua fullback kiri The Red Devils yakni Luke Shaw, Tyrell Malacia, termasuk Sergio Reguillon yang didatangkan secara mendadak sebagai pengganti dua nama pertama tengah tidak fit.

Hasilnya Sofyan Amrabat dalam dua pertandingan terakhir diplot sebagai ban serep di sana. Padahal sang rekrutan anyar berposisi asli sebagai gelandang bertahan.

Tidak ada opsi lain bagi Manchester United untuk menanti kesembuhan para pemainnya dan berusaha untuk menaikkan level kebugaran mereka dan mengurangi resiko cedera datang kembali.

Usaha ini sudah dilakukan dengan mendatangkan kepala medis klub rival, Arsenal, yakni Gary O'Driscoll pada Juli 2023 lalu.