Liga 1

Seberapa Besar Peluang Tyronne del Pino Kembali ke Persib, Gantikan Levy Madinda?

Minggu, 8 Oktober 2023 07:25 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Arif Rahman/INDOSPORT
Tyronne del Pino punya peluang memperkuat Persib Bandung lagi jika kondisinya sudah pulih menyusul kontrak Levy Madinda yang berakhir pada Desember 2023 mendatang. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Tyronne del Pino punya peluang memperkuat Persib Bandung lagi jika kondisinya sudah pulih menyusul kontrak Levy Madinda yang berakhir pada Desember 2023 mendatang.

INDOSPORT.COM - Tyronne del Pino punya peluang memperkuat Persib Bandung lagi jika kondisinya sudah pulih menyusul kontrak Levy Madinda yang berakhir pada Desember 2023 mendatang.

Persib Bandung sebelumnya mendatangkan Tyronne del Pino pada awal kompetisi Liga 1 2023-2024, saat itu dia direkrut skuad Maung Bandung atas rekomendasi dari pelatih Luis Milla.

Pengumuman perekrutan pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini, disampaikan Persib melalui akun media sosial di antaranya melalui akun Instagram @persib.

Pemain kelahiran Las Palmas, Spanyol, 27 January 1991 ini dikontrak oleh manajemen Persib dengan durasi satu tahun dan opsi perpanjangan satu tahun.

Langkah Persib merekrut Del Pino, tak lepas dari keputusan PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator kompetisi yang menerapkan aturan baru pada Liga 1 musim 2023-2024, mengenai pemain asing yang bisa didaftarkan oleh klub.

Kuota pemain asing yang bisa didaftarkan oleh tim peserta kompetisi Liga 1 2023-2024 sebanyak 5 (asing bebas) + 1 (anggota ASEAN) dan seluruhnya dapat dimainkan dalam setiap pertandingan.

Sebelum bergabung dengan Persib, pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini, bermain untuk klub Thailand, Nakhonratchasima Mazda FC.

Bersama Nakhonratchasima, Del Pino menjadi salah satu pemain andalan. Dari catatan Transfermarkt dia bermain dalam 27 pertandingan dengan mengoleksi 2.136 menit bermain dan menyumbangkan 7 gol dan empat assist.

Namun, Tyronne del Pino mengalami cedera saat pertandingan perdana kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 menghadapi Madura United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (02/07/23).

Tyronne del Pino, dalam debutnya bersama Persib Bandung tampil sebagai pemain pengganti menggantikan Beckham Putra Nugraha di babak kedua.

Saat pertandingan memasuki menit 71, ia terpaksa harus ditarik keluar dan digantikan oleh Ezra Walian karena mengalami cedera tendon achilles kaki kanan.

Cedera yang dialami membuatnya harus menjalankan program pemulihan cukup lama dan memutuskan untuk pulang dulu ke negaranya. Sebagai gantinya, Persib mendatangkan Levy Madinda.

Gelandang berpaspor Gabon itu digaet Persib dari klub Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT), dengan status pemain pinjaman hingga bulan Desember 2023.

Jika setelah berakhirnya peminjaman, Persib tidak mempermanenkan Levy Madinda, maka Tyronne del Pino berpeluang untuk kembali ke Bandung untuk mengisi posisi gelandang di sisa pertandingan Liga 1 2023-2024.

Madinda sendiri sebagai pemain menyerahkan keputusan terkait nasibnya di skuad Maung Bandung kepada manajemen Persib dan Johor Darul Ta'zim (JDT).

Meski demikian, Madinda tak menampik sudah merasa nyaman di skuad Maung Bandung, sehingga secara pribadi dia ingin tetap berkostum Persib.

"Itu bukan tergantung saya, kalau menurut saya oke. Tetapi ini tergantung klub (Persib), Johor dan juga agen saya," ucap Levy Madinda beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Madinda menuturkan, manajemen klub dan agennya harus membahas terkait masa depannya di tim kebanggaan Bobotoh. Namun, yang pasti dia senang memperkuat Persib.

"Mereka harus berbicara bersama terkait mekanismenya. Tapi bagi saya, saya senang berada di sini," jelasnya.

Penampilan Levy Madinda bersama Persib Bandung cukup menonjol, beberapa kali dia terpilih sebagai man of the match di kompetisi Liga 1 2023-2024. Sehingga, sangat besar peluangnya untuk dipertahankan meski isu comeback Tyronne del Pino berhembus kencang.