Liga Indonesia

Permintaan Maaf Pelatih PSDS Usai Kalah Beruntun di Derbi Sumut, Soroti Komunikasi Pemain

Senin, 9 Oktober 2023 13:40 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Prio Hari Kristanto
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pelatih PSDS Deli Serdang, Susanto (kanan), didampingi pemainnya, Ilham Wibowo Yusuf (kiri). (Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT) Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pelatih PSDS Deli Serdang, Susanto (kanan), didampingi pemainnya, Ilham Wibowo Yusuf (kiri). (Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Usai kalah dari PSMS Medan pekan sebelumnya, PSDS Deli Serdang kembali kalah di laga derby Sumatera Utara (Sumut) saat bersua Sada Sumut FC pada lanjutan pekan kelima Grup 1 Liga 2 2023/2024.

Bermain di Stadion Baharoeddin Siregar, Lubuk Pakam, Deli Serdang, Minggu (08/10/23) sore, PSDS takluk 1-2. Di laga ini Traktor Kuning, julukan PSDS, bertindak sebagai tim tamu.

PSDS tertinggal dua gol lewat gol pemain Laskar Simbisa, julukan Sada Sumut, lewat Aulia Ramadhan Lubis dari titik putih pada menit ke-17', serta gol pemain pengganti Aulia Ramadhan, yakni Agung Mulyadi pada menit ke-86.

Sayang, PSDS hanya mampu memperkecil kedudukan pada injury time (90+3') lewat gol Kurniawan. Bahkan dua menit berselang, Traktor Kuning harus bermain dengan 10 orang setelah sang kapten Ilham Wibowo Yusuf mendapat kartu kuning kedua.

"Saya secara pribadi dan seluruh staf pelatih serta para pemain belum bisa memberikan hasil terbaik buat PSDS di pertandingan ini," kata pelatih kepala PSDS, Susanto, dalam temu pers usai pertandingan.

Lebih lanjut, Susanto menyadari dua gol yang bersarang di gawang timnya di laga ini pada prosesnya akibat kesalahan pemain-pemainnya.

Kendati demikian, ia tetap membela anak asuhnya yang telah berjuang maksimal untuk meraih hasil terbaik di laga yang lebih khususnya bisa disebut sebagai derby Deli Serdang ini.

"Dari situ buat pembelajaran bagi kami untuk evaluasi tentang konsentrasi dan komunikasi antarpemain supaya lebih terjaga lagi di setiap menitnya," ucapnya.

"Motivasi anak-anak untuk memberikan hasil terbaik di pertandingan ini cukup besar dan sebagaimana diketahui bahwa hasilnya adalah seperti ini."

"Pastinya kita coba akan fokus evaluasi dari lini bawah, tengah, maupun depan. Itu terus kita evaluasi setiap match-to-match-nya," sambungnya.

Saat disinggung perihal kepemimpinan wasit di laga ini, pelatih berlisensi A AFC ini tampak sedikit kecewa dengan nada pasrah karena tak bisa berbuat apa-apa.

"Mungkin sudah kinerjanya begitu ya, kita mau gimana lagi. Mungkin kita tidak bisa mennolerir. Tapi ya itulah hasilnya, bagaimana pun peluit akhir yang menentukan semua pertandingan ini," pungkasnya.

Dengan hasil tersebut, PSDS tertahan di peringkat ke-6 Grup 1 dengan koleksi 4 poin dari lima laga (1 menang, 1 seri, 3 kalah).

Selanjutnya, Purnomo dan kawan-kawan akan menjamu Persiraja Banda Aceh pada lanjutan pekan keenam di Stadion Baharoeddin Siregar pada Sabtu (14/10/23) mendatang.