Liga 1

PSS Sleman Resmi Tunjuk Eks Napoli Bertrand Crasson Sebagai Pelatih, Marian Mihail Digeser

Selasa, 10 Oktober 2023 07:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Instagram@luciaesteveslifestyle
Klub Liga 1, PSS Sleman, melakukan perombakan susunan pelatih di mana mereka resmi menunjuk Bertrand Crasson sebagai pelatih kepala menggantikan Marian Mihail. (Foto: Instagram@luciaesteveslifestyle) Copyright: © Instagram@luciaesteveslifestyle
Klub Liga 1, PSS Sleman, melakukan perombakan susunan pelatih di mana mereka resmi menunjuk Bertrand Crasson sebagai pelatih kepala menggantikan Marian Mihail. (Foto: Instagram@luciaesteveslifestyle)

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1, PSS Sleman, melakukan perombakan susunan pelatih. Mereka resmi menunjuk Bertrand Crasson sebagai pelatih kepala menggantikan Marian Mihail.

Hal tersebut diumumkan langsung oleh PSS Sleman melalui akun Instagram, sekaligus dikonfirmasi oleh Gusti Randa selaku Presiden Direktur PT Putra Sleman Sembada (PT PSS).

“Penunjukkan Crasson juga terkait dengan target kedepan untuk dapat tembus menjadi tim papan atas, dan Pak Marian juga ingin istirahat menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga," ujar Gusti Randa, di Omah PSS, Sleman, Senin (9/10/2023) siang.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by PSS Sleman (@pssleman)

Bertrand Crasson sebelumnya merupakan asisten pelatih Marian Mihail. Keputusan ini dibuat setelah Mihail mengajukan pengunduran diri kepada manajemen PSS.

Namun pihak PSS Sleman keberatan berpisah dengan Mihail. Sehingga, pelatih asal Romania tersebut dipertimbangkan menempati posisi baru sebagai Direktur Teknis.

“Marian menurut saya adalah pelatih yang mempunyai karakter dan disiplin kuat dan telat membentuk karakter dan disiplin para pemain PSS Sleman,” terang Gusti Randa.

Bertrand Crasson sendiri diketahui memegang lisensi UEFA Pro dan memenuhi syarat untuk jadi pelatih kepala. Hal inilah yang jadi alasan PSS menunjuknya menggantikan Mihail.

Crasson juga mempunyai pengalaman internasional, baik sebagai pemain dan pelatih. Sebagai pemain, Crasson adalah mantan pemain Tim Nasional Belgia dan pernah bermain untuk klub Italia, Napoli.

Ketika membela Napoli, Crasson yang berposisi sebagai bek kanan itu mampu mencatatkan 51 penampilan. Karier terbaiknya justru bersama Anderlecht dengan torehan 26 gol  dan 8 assist dalam 413 penampilan.

Sedangkan sebagai pelatih, pria berusia 52 tahun tersebut pernah menangani klub Divisi Utama Thailand, Rachatburi dan Inter Pattaya.

"Saya sudah bicara langsung dengan Crasson tentang target dari PSS Sleman. Ia berkomitmen untuk memberikan kemampuan terbaiknya. Manajemen berharap, Crasson melanjutkan disiplin yg di tanamkan Coach Mihail dan melanjutkan peningkatan prestasi PSS Sleman," jelasnya.

Tugas pertama Bertrand Crasson adalah ketika menjamu Persik Kediri pada 21 Oktober mendatang. Saat ini, PSS Sleman duduk di posisi ke-14 pada klasemen sementara Liga 1 2023-2024.