Timnas Indonesia

Tak Ada Pemain Diaspora Susul Timnas U-17 ke Jerman, Bima Sakti Dituding Cuma Gimmick

Selasa, 10 Oktober 2023 19:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Pelatih Bima Sakti saat memimpin pemusatan latihan Timnas Indonesia U-17 di Jerman. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Pelatih Bima Sakti saat memimpin pemusatan latihan Timnas Indonesia U-17 di Jerman. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Tak ada pemain diaspora yang menyusul ke pemusatan latihan timnas Indonesia U-17 di Jerman, hal ini membuat netizen menuding Bima Sakti cuma gimmick.

Beberapa waktu lalu, Bima Sakti mencoret banyak pemain diaspora yang mengikuti seleksi timnas Indonesia U-17, yang rencananya jadi tambahan amunisi untuk Piala Dunia U-17.

Dari sekian banyak pemain diaspora, hanya satu yang masih dipertahankan Bima Sakti, yakni Welberlieskott de Halim Jardim asal Brasil.

Bima Sakti berdalih bahwa kemampuan para pemain diaspora tidak sesuai dengan video profil mereka. Saat melihat langsung aksi sang pemain, ia merasa belum cocok.

Bahkan, Bima Sakti hanya memanggil lima pemain saja dari proses seleksi terbuka, meski ia melihat langsung proses seleksi di 12 kota di Indonesia.

Saat ini mayoritas pemain timnas Indonesia U-17 yang diboyong ke Jerman diambil dari jebolan timnas U-16 yang telah menjuarai Piala AFF 2022.

Namun, Bima Sakti berjanji akan ada pemain diaspora yang menyusul ke Jerman. Mereka akan dibawa oleh konsultan pelatih timnas Indonesia U-17, Frank Warmouth.

"Nanti pelatih Frank akan bantu, karena beberapa pemain memang berasal dari Belanda, beliau juga tinggal di Belanda," ungkap Bima Sakti beberapa waktu lalu.

"Frank akan melihat langsung, misalnya ada satu, dua, atau tiga pemain akan dipanggil untuk ke Jerman. Dua slot itu dilihat dulu bagaimana kualitasnya," jelas Bima Sakti.

Hanya saja, setelah timnas U-17 berada di Jerman selama tiga pekan dan menjalani sejumlah laga uji coba, sampai kini tak ada tanda-tanda pemain diaspora akan gabung.