Piala Dunia

Khianati Erick Thohir, PSSI-nya Malaysia Dukung Arab Saudi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Rabu, 11 Oktober 2023 02:19 WIB
Penulis: Martini | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© PSSI
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir didampingi Indra Sjafri dan Zaidnuddin Amali. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir didampingi Indra Sjafri dan Zaidnuddin Amali. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Khianati Erick Thohir, Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) menyatakan dukungannya pada Arab Saudi dalam bidding tuan rumah Piala Dunia 2034.

PSSI sebelumnya merancang strategi agar Indonesia bisa masuk dalam bidding tuan rumah perhrlatan Piala Dunia 2034, yakni dengan menggandeng negara tetangga.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir berharap Indonesia maju bersama Australia, Singapura, dan Malaysia untuk jadi tuan rumah bersama.

"Nanti kita lihat, kalau peluangnya kuat, kita perhitungkan kembali. Yang saya keberatan itu kita sebagai bangsa tidak dianggap layak (jadi tuan rumah Piala Dunia)," kata Erick.

Sebelumnya, media Sydney Morning Herald menuliskan bahwa Negeri Kangguru akan menggandeng Malaysia dan Singapura saja untuk bidding tuan rumah Piala Dunia 2034.

Sementara Indonesia dianggap tidak layak jadi rekan Australia sebagai tuan rumah bersama Piala Dunia 2034, karena tragedi sepak bola yang mencoreng nama negara.

Erick Thohir kekeuh bahwa Indonesia akan serius mengajak Malaysia, Singapura dan Australia untuk menjadi host Piala Dunia.

"Nanti untuk tanda tangan kerja sama itu (antara PSSI, FA, FAS, dan FAM) tanggal 31 Oktober ini. Jadi masih diskusi (apakah bidding Piala Dunia 2034 atau tidak)."

Masalahnya, batas pernyataan minat untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 akan ditutup FIFA pada 31 Oktober mendatang.

Namun, belum sampai waktunya, wacana ini sudah ditolak mentah-mentah oleh Football Association of Malaysia (FAM). Mereka pun layangkan dukungan kepada Arab Saudi.