Liga 1

3 Bek yang Patut Dipertimbangkan Arema FC untuk Gantikan Ichaka Diarra

Kamis, 12 Oktober 2023 17:13 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
© MO Arema FC
Ichaka Diarra saat latihan bersama Arema FC. (Foto: MO Arema FC) Copyright: © MO Arema FC
Ichaka Diarra saat latihan bersama Arema FC. (Foto: MO Arema FC)

INDOSPORT.COM - Transfer window periode kedua Liga 1 2023/2024 sebentar lagi akan kembali dibuka, pasca putaran pertama selesai mulai 1 sampai 28 November 2023.

Arema FC, jadi salah satu tim yang disinyalir sedang menyusun rencana transfer window. Lini pertahanan jadi fokus utama seiring tingkat kebobolan tinggi.

Salah satu evaluasi yang dilakukan, lantas mencuatkan rumor perihal pergantian pemain asing. Ichaka Diarra berpotensi terdepak dari skuat imbas minimnya kontribusi.

Soccerway dengan detail mencatat performa bek kebangsaan Mali itu. Diarra hanya tampil dalam 8 laga dengan 594 menit, 7 kali diantaranya sebagai starter.

Namun, Arema FC lebih banyak kalah ketika dia bermain. Dari total 8 laga, Diarra hanya berkontribusi saat Arema FC meraih 1 kali kemenangan, 2 imbang dan 5 kali kalah.

Lantas, siapa saja bek asing yang bisa dipertimbangkan tim berjulukan Singo Edan? Berikut sejumlah bek asing yang statusnya available dan berpengalaman di Liga 1.

Arthur Felix Silva

Bek kebangsaan Brasil ini sempat jadi bagian penting Persik Kediri selama 1,5 musim kompetisi. Felix datang pada saat Liga 1 berjalan di tengah pandemi Covid-19.

Arthur Felix nyaris tak tergantikan di sektor pertahanan Tim Macan Putih. Dia tampil dalam 28 laga Liga 1 dengan 1 assist, dan mengantar Persik finis di peringkat 11.

Liga 1 musim 2022/2023 pun dijalaninya nyaris sempurna dengan 16 caps. Namun, urusan keluarga membuatnya harus pulang ke Brasil dan digantikan Anderson Nascimento.

Pengalamannya di Liga 1 jelas dibutuhkan. Kendati saat ini, Soccerway mencatat Felix belum sekalipun tampil untuk klub Londrina hingga 31 pekan Serie B Brasil berjalan.

William Pacheco

Bek tangguh ini juga bisa jadi pertimbangan Fernando Valente untuk membenahi lini belakang Arema FC. Pacheco sejauh ini masih tanpa klub.

Pengalamannya selama 5 musim di Liga 1 bisa jadi nilai plus. Terlebih, dia juga mencatat prestasi dengan mengantar Bali United menjuarai Liga 1 musim 2019 dan 2021/2022.

Postur setinggi 194 centimeter membuatnya tak kesulitan dalam situasi duel bola udara. Berkat itulah yang membuatnya mencatat 10 gol selama 4 musim di Bali United.

Faktor itulah yang membuat Pacheco diprediksi tak akan kesulitan dalam adaptasinya berduet dengan Bagas Adi Nugroho. Kemampuan bola udaranya jadi nilai tambah.

Joao Felix

Jika ingin mendatangkan bek usia muda, Joao Victor Felix Alves bisa jadi pertimbangan Fernando Valente. Pemain ini adalah eks anak asuhnya di tim Estoril Praia U-23.

Valente sendiri pernah menangani Estoril periode Juli sampai Oktober 2022. Joao Felix jadi salah satu bek andalan dengan tampil dalam 9 laga Liga Portugal U-23.

Masih berusia 21 tahun, bek kebangsaan Brasil itu kini tampil di Serie C Brasil, kompetisi yang sebelumnya juga pernah diikuti Charles Raphael.

Transfermarkt mencatat Joao Felix telah tampil dalam 7 laga, dengan 4 kali sebagai starter untuk Ypiranga Erechim. Dia juga sempat bergabung dengan FC Internacional.