Liga Indonesia

Persewar Waropen Lengserkan Persipura Jayapura ke Zona Merah, Grup 4 Liga 2 Makin Ketat

Kamis, 12 Oktober 2023 18:34 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Isman Fadil
© Sudjarwo/INDOSPORT
Skuad Persewar Waropen dan Persipura Jayapura sebelum memulai duel di Stadion Mandala dalam lanjutan Liga 2, Kamis (12/10/23). Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Skuad Persewar Waropen dan Persipura Jayapura sebelum memulai duel di Stadion Mandala dalam lanjutan Liga 2, Kamis (12/10/23).

INDOSPORT.COM - Persewar Waropen mengakhiri putaran pertama Grup 4 Liga 2 dengan memetik tiga poin setelah mengalahkan Persipura Jayapura, 2-1 di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Kamis (12/10/23).

Kemenangan Persewar itu berkat dua gol yang dicetak Boaz Solossa pada menit ke-45 dan 79. Sementara gol semata wayang Persipura dicetak Ramai Rumakiek pada menit ke-81.

Kekalahan itu melengserkan Persipura ke zona merah atau peringkat kelima. Sedangkan Persewar naik ke peringkat kedua dengan 8 poin.

Hasil tiga poin yang diraih oleh Persewar itu kian membuat peta persaingan di klasemen Grup 4 kian ketat. Di saat bersamaan, Persipal Palu juga menang 1-0 atas Kalteng Putra dan memuncaki klasemen Grup 4.

Persipal dan Persewar kini unggul satu poin atas PSBS Biak dan Sulut United yang menempati peringkat ketiga dan keempat, namun dua tim tersebut masih menyisakan dua pertandingan.

Sementara Persipura dibuntuti Kalteng dan Persiba di peringkat kelima dan keenam dan hanya terpaut satu dan dua poin.

Pelatih Persewar, Eduard Ivakdalam puas dengan perjuangan anak asuhnya yang berhasil menutup putaran pertama dengan tiga poin.

"Kita bersyukur bisa menutup putaran pertama dengan tiga poin. Mudah-mudahan kita bisa menjaga hasil positif ini di laga berikutnya," kata Edu usai pertandingan.

"Pertandingan ini sangat luar biasa dan kedua tim menampilkan permainan terbaik dan kita bersyukur bisa menang," tambahnya.

Sementara dari kubu Persipura, pelatih Tony Ho mengakui keunggulan tim Persewar. Ia bertanggung jawab atas kekalahan timnya itu.

"Dari awal kita sudah memperkirakan bahwa derbi ini akan ketat, dan itulah sepak bola, dan yang jelas pemain sudah berjuang dengan keras, ini menjadi satu bahan evaluasi dan kesalahan itu menjadi tanggung jawab saya," kata Ho.

Ia mengatakan timnya kesulitan saat bermain dengan 10 orang karena kiper mereka, Tri Yoga Herlambang terkena kartu merah pada injury time babak pertama. 

Persipura sebenarnya punya kesempatan untuk menyamakan kedudukan, setelah Elfis Harewan juga diganjar kartu merah pada menit ke-86. Namun, mereka hanya bisa mencetak sebiji gol lewat tendangan bebas Ramai Rumakiek.

"Yang saya lihat situasi tidak normal, ketika kita harus dipreteli dan bermain dengan 10 lawan 11 itu tingkat kesulitan pasti ada. Tapi kita coba berusaha dengan mengganti beberapa pemain supaya kita bisa membalas. Tapi ternyata ada kesalahan mendasar sehingga terjadi gol kedua dari Persewar," pungkas Tony Ho.