Bola Internasional

4 Fakta Menarik Usai Prancis Libas Belanda dan Lolos ke Euro 2024

Sabtu, 14 Oktober 2023 06:17 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Piroschka Van De Wouw
Pemain timnas Prancis, Kylian Mbappe, saat memandang penonton di stadion usai melawan Belanda di Kualifikasi Euro 2024. Copyright: © REUTERS/Piroschka Van De Wouw
Pemain timnas Prancis, Kylian Mbappe, saat memandang penonton di stadion usai melawan Belanda di Kualifikasi Euro 2024.

INDOSPORT.COM - Sejumlah fakta menarik lahir usai timnas Prancis vs timnas Belanda berakhir di Kualifikasi Euro 2024.

Duel seru tersaji di pertandingan lanjutan Kualifikasi Euro 2024 antara Belanda vs Prancis di Stadion Johan Cruijff Arena, Sabtu (14/10/23) dinihari WIB.

Bermain di depan publiknya sendiri, Belanda harus menanggung malu karena tunduk dari Prancis dengan skor 1-2. 

Dengan hasil ini membuat Prancis kokoh di Grup B dengan koleksi 18 poin dari 6 pertandingan. Artinya Les Bleus sudah memastikan diri lolos ke Euro 2024 tanpa menunggu hasil sisa pertandingan.

Sementara Belanda, masih harus berjuang keras karena saat ini mereka turun ke peringkat ke-3 dengan 9 poin, digeser oleh Yunanai usai menang atas Irlandia 1-0 dengan koleksi 12 poin.

Terlihat dari jalannya pertandingan sejak awal, Belanda memang tak bisa berkutik karena Prancis langsung melancarkan serangan. Hasilnya tim tamu unggul lebih dahulu melalui gol Kylian Mbappe.

Mbappe mencetak gol di menit ke-7 usai menyambut umpan silang Jonathan Clauss. Di sisa waktu yang ada, Belanda tak bisa menyamakan kedudukan, skor 0-1 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Prancis menggandakan skor jadi 0-2 setelah Mbappe mencetak brace di menit ke-53 lewat tembakan dari luar kotak penalti.

Jelang berakhirnya pertandingan, Belanda bisa memperkecil keadaan jadi 1-2 setelah Quilindschy Hartman mencetka gol menit ke-83. Skor itu bertahan hingga laga selesai, sejumlah fakta menarik pun lahir usai laga ini.