In-depth

Bedah Kualitas 3 Bintang Naturalisasi Malaysia, Lebih Bertaji dari Timnas Indonesia?

Sabtu, 14 Oktober 2023 14:29 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© FAM
Membedah kualitas tiga bintang naturalisasi Timnas Malaysia di Turnamen Merdeka 2023. Apakah lebih bertaji dari naturalisasi Timnas Indonesia. Copyright: © FAM
Membedah kualitas tiga bintang naturalisasi Timnas Malaysia di Turnamen Merdeka 2023. Apakah lebih bertaji dari naturalisasi Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM – Membedah kualitas tiga bintang naturalisasi Timnas Malaysia di Turnamen Merdeka 2023. Apakah lebih bertaji dari naturalisasi Timnas Indonesia?

Timnas Malaysia memanfaatkan FIFA Matchday di bulan Oktober 2023 ini dengan menggelar Turnamen Merdeka 2023 di negaranya.

Pada Turnamen Merdeka 2023 ini, Harimau Malaya mengundang tiga negara yakni India, Tajikistan, dan Palestina. Nama terakhir sendiri memilih mundur karena situasi Geo-Politik di wilayahnya.

Di laga perdana Turnamen Merdeka 2023 ini, Malaysia bertarung melawan India. Meski kalah peringkat FIFA, tim arahan Kim Pan-gon ini berhasil menang 4-2 atas lawannya.

Empat gol Malaysia dicetak Dion Cools, Arif Aiman, Faisal Halim, dan La’Vere Corbing-Ong. Sedangkan dua gol India dicetak oleh Naorem Mahesh Singh dan Sunil Chhetri.

Dalam pertandingan kontra India itu, Malaysia menurunkan tiga bintang naturalisasinya. Bagaimana kualitas dari para pemain naturalisasi Harimau Malaya itu?

1. Dion Cools

Dion Cools adalah pemain naturalisasi Malaysia via jalur pemain keturunan. Sebelum membela Harimau Malaya, ia bermain bagi tim kelompok umur Belgia.

Sejak berhasil dinaturalisasi dan membela Malaysia pada 2021 lalu, pemain yang kini berusia 27 tahun itu telah mencatatkan 18 caps dengan sumbangan dua gol, termasuk satu gol ke gawang India.

Secara kualitas, Dion Cools yang kini bermain di Buriram United, kerap jadi andalan di lini belakang dengan total enam penampilan di Liga Thailand 2023/2024.

Dari enam penampilan itu, Dion Cools mampu mencetak 4 Clean Sheets bagi timnya dengan rataan 1,5 tekel per laga, 0,7 intersep per laga, dan menguasai bola dari lawan sebanyak 5,8 kali per laga.

Sejauh ini, mantan pemain Club Brugge dan FC Midtjylland itu dikenal sebagai salah satu bek solid bagi Malaysia dan di level klub.