Liga 1

Bojan Hodak Bicara Persiapan Lawan Borneo FC dan Kondisi Tyronne del Pino

Senin, 16 Oktober 2023 11:55 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib, Bojan Hodak. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib, Bojan Hodak. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak, mengungkapan persiapan timnya jelang pertandingan pekan ke-16 kompetisi Liga 1 2023-2024 menghadapi Borneo FC di Stadion Segiri, Samarinda, Sabtu (21/10/23).

Menurut pelatih asal Kroasia ini, persiapan timnya berjalan dengan baik, meskipun skuad Maung Bandung kehilangan empat pemain lantaran harus memperkuat tim nasional (timnas).

Keempat pemain yang masih absen dalam persiapan untuk menghadapi Borneo FC tersebut yakni Marc Klok, Edo Febriansyah, dan Rachmat Irianto di Timnas Indonesia sertakan Daisuke Sato di Timnas Filipina.

Selain berlatih, Persib juga menggelar game internal di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (14/10/23). Program tersebut, disiapkan Bojan Hodak untuk melihat perkembangan pasukannya.

Menurutnya, secara fisik anak asuhnya belum berada dalam level terbaik. Meski begitu, dia memastikan saat pertandingan nanti David da Silva dan kawan-kawan sudah siap untuk bertanding.

"Target untuk pemain adalah memantau kondisi fisik, mereka memang tidak 100 persen, tapi sudah cukup bagus dan tidak ada yang cedera. Mereka berlari dengan cukup bagus, tingkat kebugarannya juga oke," ungkap Bojan Hodak.

"Memang kami kehilangan empat pemain ke tim nasional dan saya rasa secara keseluruhan kami sudah siap untuk menghadapi pertandingan melawan Borneo," tegas Bojan Hodak.

Paga game internal tersebut, tim biru berhasil meraih kemenangan dengan skor 3-0 atas tim putih, dua dari tiga gol di antaranya dicetak oleh pemain muda Ferdiansyah.

Menurut Bojan Hodak, penampilan Ferdiansyah mengalami peningkatkan setelah pulih dari cedera. Hal itu pun membuat peluangnya untuk bermain di laga Liga 1 2023-2024 selanjutnya terbuka lebar.

"Dia bermain di satu pertandingan, dan setelah itu dia ada sedikit cedera dan sedikit sakit. Jadi dia secara kondisi fisik menurun," ungkapnya.

"Tapi dalam game internal dirinya menunjukkan bahwa dia sudah mulai kembali ke bentuk permainannya. Jadi tentu ada kesempatan bagi dia untuk bermain," tegasnya.

Sementara itu, menjelang berakhirnya putaran pertama kompetisi Liga 1 2023-2024, gelandang asing asal Spanyol, Tyronne del Pino, dikabarkan akan segera kembali ke Bandung dalam waktu dekat.

Meski demikian, pelatih yang sempat menangani PSM Makassar ini menilai, cedera yang dialami oleh Tyronne del Pino membuatnya kemungkinan besar belum bisa tampil dalam pertandingan.

"Dia mengalami cedera yang sangat buruk, jadi saya rasa dia belum siap untuk saat ini. Menurut saya, dirinya belum siap untuk bermain," ucapnya beberapa hari lalu.

Selain itu, Bojan Hodak akan melihat kembali kondisi Tyronne del Pino, sehingga dia belum bisa mengambil keputusan terkait masa depan dari pemain berusia 32 tahun tersebut.

"Dia akan kembali pekan ini dan melakukan evaluasi terhadapnya, tapi berdasarkan pengalaman saya terhadap cedera yang dialaminya, dia belum siap untuk saat ini," jelasnya.

Sebagai informasi, pemain kelahiran Las Palmas, 27 January 1991 ini dikontrak oleh manajemen Persib dengan durasi satu tahun dan opsi perpanjangan satu tahun.

Namun, Tyronne del Pino mengalami cedera saat pertandingan perdana kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 menghadapi Madura United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (02/07/23).

Saat pertandingan memasuki menit 71, pemain anyar Persib Bandung ini terpaksa harus ditarik keluar dan digantikan oleh Ezra Walian, karena mengalami cedera tendon achilles kaki kanan.

Cedera yang dialaminya, membuatnya harus menjalankan program pemulihan cukup lama dan memutuskan untuk pulang dulu ke negaranya. Sebagai gantinya, Persib mendatangkan Levy Madinda.

Gelandang kelahiran Libreville, 22 Juni 1992 ini didatangkan Persib dari klub Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT), dengan status pemain pinjaman hingga bulan Desember 2023.