In-depth

Bedah Kontribusi Pemain Asing di Liga Jepang: Timnas Indonesia Sudah Sumbang 5 Atlet

Selasa, 17 Oktober 2023 20:07 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Dok. Tokyo Verdy
Klub Pratama Arhan di J2. League, Tokyo Verdy. Copyright: © Dok. Tokyo Verdy
Klub Pratama Arhan di J2. League, Tokyo Verdy.

INDOSPORT.COM - Liga Jepang adalah kompetisi sepak bola Asia yang banyak diminati pemain asing, termasuk juga dari Tanah Air. Tercatat sudah ada 5 pemain Timnas Indonesia yang pernah main di sana.

Liga Jepang atau J.League saat ini bisa dibilang yang terbaik di Benua Asia. Sementara Liga Arab Saudi, mungkin hanya unggul karena faktor finansial yang berlimpah.

Bukti konkret kompetisi sepak bola Jepang maju terlihat banyaknya pemain asal Negeri Matahari Terbit itu yang bermain di liga-liga top Eropa. Lalu bagaimana dengan pemain Arab Saudi di Eropa?

Selain itu, karena memiliki gengsi yang prestisius juga membuat Liga Jepang diminati oleh pemain-pemain asing, bahkan beberapa pemain top dunia.

Tidak terkecuali juga pemain Merah Putih yang sudah tergabung Timnas Indonesia. Tercatat sudah ada 5 pemain Timnas Indonesia yang bermain di Liga Jepang, baik itu di J1 League atau J2 League.

Pertama adalah Pratama Arhan yang saat ini masih aktif memperkuat klub J2 League, Tokyo Verdy. Bek kiri kelahiran Blora itu hijrah dari PSIS Solo ke Tokyo Verdy pada Februari 2022.

Kedua ada nama Andik Vermansah yang bergabung dengan Ventforut Kofu. Namun setelah mengikuti trial dan laga uji coba, pemain yang lahir di Jember itu lebih memilih klub Malaysia, Selangor FA, ketimbang meneken kontrak bersama Ventforut Kofu.

Ketiga, Stefano Lilipaly direkrut Consadole Sapporo pada 2014, tapi sayangnya hanya bermain sebanyak 2 kali. Lalu usai 2 tahun gagal unjuk gigi di Consadole Sapporo, pemain kelahiran Arnhem itu dinaturalisasi ke Timnas Indonesia.

Keempat juga ada pemain hasil naturalisasi yakni Irfan Bachdim yang bergabung dengan Ventforet Kofu pada 2014. Hebatnya pemain yang lahir di Amsterdam itu turut tergabung Hokkaido Consadole Sapporo saat juara J2 League 2016.

Kelima ada pemain legenda Ricky Yacobi, yang menjadi pioner pemain Timnas Indonesia di Liga Jepang. Pemain asal Medan itu memperkuat Matsushita Electric FC (kini bernama Gamba Osaka) pada 1988.