In-depth

3 Pemain Naturalisasi Baru yang Siap Bela Timnas Indonesia di Babak 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Rabu, 18 Oktober 2023 18:11 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Instagram@jayidzes
Jay Idzes, pemain Venezia FC. (Foto: Instagram@jayidzes) Copyright: © Instagram@jayidzes
Jay Idzes, pemain Venezia FC. (Foto: Instagram@jayidzes)

INDOSPORT.COM - Ada tiga pemain naturalisasi baru yang siap untuk membela Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Seperti diketahui Timnas Indonesia baru saja menambah memastikan lolos ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 seusai menggilas Brunei Darussalam dengan agregat 12-0.

Di laga leg pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Kamis (12/10/23) lalu, Timnas Indonesia menang 6-0 atas Brunei Darussalam.

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Timnas Indonesia menang berkat hattrick Dimas Drajad, brace dari Ramadhan Sananta dan Rizky Ridho.

Tidak berhenti sampai di situ, Timnas Indonesia kembali meraih kemenangan atas Brunei Darussalam di leg kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Bermain di Stadion Hassanal Bolkiah, Selasa (17/10/23) malam WIB, Hokky Caraka membawa Skuat Garuda menang 0-6. 

Enam gol tim besutan Shin Tae-yong dicetak oleh Hokky Caraka pada menit 6 dan 44, Egy Maulana Vikri (42’), Witan Sulaeman (47’), Rizky Ridho (63’) dan Ramadhan Sananta (83').

Kemenangan dengan agregat 12-0 atas Brunei Darussalam membuat Timnas Indonesia berhak mendapatkan tiket lolos ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia sudah ditunggu tiga tim kuat di Grup F yakni Vietnam, Filipina dan Irak. Duel perdana akan digelar pada 16 November 2023 mendatang, di mana Irak akan menjadi lawan pertama.

Negara ini kemungkinan bisa menjadi lawan terberat Timnas Indonesia karena saat ini menjadi penghuni peringkat ke-69 dunia.

Irak memiliki mental juara karena pernah mengangkat trofi Piala Asia 2007 silam. Meski para pemain kala itu dengan sekarang sudah berbeda, namun mereka baru saja membuat kejutan.

Irak sukses menahan tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar, dengan skor 0-0 di laga FIFA Matchday pada Jumat (13/10/23) lalu.

Setelah itu, Irak sukses menang 5-3 lewat drama adu panalti saat bersua Yordania di pertandingan uji coba pada Selasa (17/10/23).

Selanjutnya ada Filipina yang juga tidak boleh dianggap remeh. Mereka memang sempat dibekuk oleh Timnas Indonesia di pertemuan terakhir yang berlangsung di Stadion Rizal Memorial.

Timnas Indonesia menang 2-1 atas Filipina di fase grup Piala AFF 2022 pada Januari 2023 lalu. Namun mereka ternyata tidak diisi oleh pemain terbaik karena Piala AFF tidak masuk dalam kalender FIFA.

Di bawah agenda FIFA, Filipina bisa memanggil pemain-pemain terbaiknya yang berkarier di luar negeri.

Ada beberapa pemain mengerikan seperti Neil Etheridge (kiper, Birmingham City), Sandro Reyes (gelandang, Greuther Furth II) hingga Gerrit Holtmann (penyerang, Antalyaspor).

Mereka yang kini menempati peringkat 132 dunia baru saja membuat kejutan dengan menang 1-0 atas Kirgistan, negara yang menghuni posisi 96 dunia.

Sementara itu, ada Vietnam yang kerap menjadi batu sandungan bagi Timnas Indonesia, terutama di ajang Piala AFF. Garuda senior tercatat tidak pernah menang sejak 2016 silam.

Meski saat ini Vietnam tidak lagi dilatih oleh Park Hang-seo, bukan berarti mereka bisa dengan mudah dikalahkan oleh Timnas Indonesia.

Vietnam juga memiliki pengalaman apik di Kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu. Mereka sempat menjadi satu-satunya negara ASEAN yang mejeng di babak ketiga.

Berbekal pengalaman tersebut, Timnas Indonesia tentu harus berjuang keras untuk mengalahkan Vietnam di Grup F.

Beruntung, Timnas Indonesia bakal mendapatkan tambahan amunisi. Tiga pemain keturunan dikabarkan siap untuk dinaturalisasi dan memperkuat pasukan Shin Tae-yong. Siapa saja mereka?