Liga Indonesia

Lenyap dari Line-up PSS Sleman, Anthony Pinthus Selamat di Bursa Transfer Liga 1?

Rabu, 18 Oktober 2023 08:53 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Dok. United City FC
Kiper asing PSS Sleman, Anthony Pinthus Copyright: © Dok. United City FC
Kiper asing PSS Sleman, Anthony Pinthus

INDOSPORT.COM - Kiper asal Filipina, Anthony Pinthus, kemungkinan besar selamat di bursa transfer tengah musim Liga 1 Indonesia 2023/24. Dia ternyata menghilang dari line-up PSS Sleman karena mengalami cedera pergelangan tangan kiri.

Rumor mengenai pergantian pemain asing berhembus kencang. Selain Yevhen Bokhashvili, PSS disebut-sebut akan mengganti Pinthus dengan pemain di posisi lain.

Status pemain asing di pos penjaga gawang dirasa mubazir, apalagi saat PSS kalah dari Borneo FC 0-1 pada 17 September lalu. Pinthus melakukan kekalahan yang membuat Silverio bisa mencetak gol pada pengujung laga.

Rumor itu diperkuat dengan hilangnya Pinthus dari line-up melawan Arema FC dan Dewa United. Tercatat hanya ada M. Ridwan sebagai kiper utama dan Dimas Fani Firmansyah (cadangan).

Kini, teka-teki tentang situasi Pinthus terjawab. Kiper asal Filipina itu mengalami cedera yang membuat Pinthus menepi berpekan-pekan untuk pemulihan pergelangan tangan kiri.

Pinthus terlihat lagi di latihan pada pekan ini. Anthony Pinthus bisa latihan bersama tim lagi setelah menjalani program latihan khusus dari tim pelatih PSS Sleman. 

"Akhirnya setelah melewati beberapa pekan yang panjang dengan latihan berat dan kondisi latihan terpisah, saya kembali berlatih bersama tim. Tentu saja sangat menyenangkan bisa kembali," kata Pinthus, Selasa (17/10/23).

Pinthus kembali dalam upaya mengembalikan level kebugaran menuju 100 persen lagi. Sebelum lenyap dari starting eleven tiga partai terakhir, dia selalu dipercaya menjaga gawang PSS.

"Memang kondisi saya belum pulih 100 persen. Namun, secara bertahap dengan melewati latihan setiap hari saya siap untuk kembali latihan bersama," tutur Pinthus.

Pinthus kemungkinan masih absen saat PSS menjamu Persik Kediri pada Sabtu (21/10/23). Dia berpeluang merumput dalam laga tandang melawan Persib Bandung pada 28 Oktober mendatang.

Namun, hal itu juga bergantung kepada performa Muhammad Ridwan. Gawang PSS Sleman yang ia kawal jebol enam kali dalam tiga partai sebagai starter di Liga 1 2023/24.

"Pastinya saya akan bekerja lebih keras untuk latihan fisik dan teknik. Tentunya ketika saya kembali, pastinya dengan kondisi siap 100 persen," tegas Pinthus.

“Persiapan serta pengobatan yang bagus akan menyembuhkan cedera secara sempurna. Tentu saja saya akan selalu siap bermain ketika lepas dari cedera,” lanjutnya.

Jeda tampil membela PSS Sleman juga memberikan keuntungan bagi Pinthus untuk menyembuhkan cedera panjangnya. Dia berharap tak merasakan sakit lagi setelah dipulihkan 100 persen dengan metode khusus.

"Saya berharap bisa membantu PSS untuk meraih kesuksesan di musim ini ketika saya bermain. Saya juga ingin terbebas dari rasa nyeri cedera untuk jangka panjang," tandas Anthony Pinthus.

Kepastian ini membuat satu-satunya nama yang akan diganti PSS Sleman adalah Yevhen Bokhashvili. Penyerang Ukraina ini sulit diselamatkan karena absen mencetak gol hingga pekan ke-15 Liga 1 2023/24. 

Bokhashvili kalah bersinar dari Hokky Caraka yang sudah mencetak gol di Liga 1. Dia juga baru saja mencetak brace untuk timnas Indonesia dalam kemenangan 6-0 atas Brunei Darussalam, Selasa (17/10/23) semalam.