In-depth

Rumor Febri Hariyadi Akan Hengkang dan Tuntutan Bobotoh tentang David da Silva

Rabu, 18 Oktober 2023 10:27 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Menyoal rumor akan hengkangnya Febri Hariyadi dan keinginan Bobotoh agar Persib pagari David da Silva. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Menyoal rumor akan hengkangnya Febri Hariyadi dan keinginan Bobotoh agar Persib pagari David da Silva. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Menjelang berakhirnya putaran pertama kompetisi Liga 1 2023-2024, beberapa rumor muncul dan dikaitkan dengan tim Persib Bandung, di antaranya Febri Hariyadi.

Pemain yang akrab disapa Bow ini, dirumorkan akan meninggalkan skuad Maung Bandung. Dua klub Liga 1 2023-2024 dikabarkan siap menampungnya, yakni Persita Tangerang dan Persikabo 1973.

Isu tersebut muncul tak lepas dari minimnya kesempatan bermain Febri Hariyadi di kompetisi Liga 1 2023-2024, padahal sebelumnya dia sering tampil sebagai starter.

Sejauh ini, hingga memasuki pekan ke-15 kompetisi Liga 1 2023-2024, pemain yang menggunakan nomor punggung 13 ini baru mendapat kesempatan bermain dalam tiga pertandingan.

Tiga laga tersebut yakni menghadapi Dewa United pada pekan ketiga, Persik Kediri pekan kelima dan Persis Solo pekan ketujuh. Lalu dari pekan delapan hingga 15, namanya tidak masuk daftar susunan pemain (DSP).

Tidak adanya nama Febri dalam DSP ini disebabkan pemain berusia 27 tahun ini sedang menjalankan program pemulihan cedera.

Menurut dokter tim Persib, Rafi Ghani, pemain yang sempat memperkuat Timnas Indonesia tersebut mengalami cedera di bagian paha sebelah kanan dan membutuhkan waktu pemulihan beberapa pekan.

Saat ini, menurut Rafi kondisi Febri sudah semakin membaik. Meski begitu, dia masih menjalankan program latihan terpisah, seperti pada sesi latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Selasa (17/10/23).

"Keadaan baik-baik termasuk Febri yang masih mengembalikan keadaannya untuk bisa gabung latihan bersama dengan pemain lainnya," ucap Rafi.

"Ya memang Febri ada peningkatan memang waktu pertama cedera kita tangani secara intensif ya, sedikit agak serius dan alhamdulillah sekarang sudah kembali,

"Tapi sebelum digabungkan berlatih dengan pemain lain ya kita tingkatkan dulu kebugarannya," jelasnya.

Persib Diminta Pagari David da Silva

Selain mengenai Febri Hariyadi, menjelang berakhirnya putaran pertama kompetisi Liga 1 2023-2024, banyak Bobotoh yang meminta manajemen untuk segera memagari David da Silva.

Keinginan Bobotoh tersebut bertujuan, agar stiker asal Brasil tersebut tidak digoda oleh klub peserta Liga 1 lainnya, apalagi dari laman Transfermarkt kontraknya akan berakhir pada 30 Desember 2023.

Selain itu, penampilan David da Silva saat ini sedang meningkat, dari 13 pertandingan yang sudah dilakoninya di kompetisi Liga 1 2023-2024, mantan pemain Persebaya Surabaya ini sudah mengoleksi 10 gol.

Bahkan, pemain yang menggunakan nomor punggung 19 ini berhasil mencetak hat-trick di pertandingan menghadapi Persita Tangerang pada pekan 14 kompetisi Liga 1 2023-2024.

Oleh sebab itu, sangat wajar jika Bobotoh meminta manajemen Persib untuk segera memperpanjang kontrak atau dengan kata lain memagari David da Silva.

Sebagai informasi, ketika pertama kali bergabung dengan skuad Maung Bandung, dalam setengah musim kompetisi Liga 1 2021-2022 David da Silva tampil 15 pertandingan dan menyumbangkan 7 gol.

Saat Liga 1 2022-2023, ia kembali menjadi andalan di lini depan skuad Maung Bandung dengan dimainkan sebanyak 33 laga, serta mengumpulkan 2.763 menit bermain.

Selain itu, David da Silva mampu membuktikan ketajamannya sebagai seorang striker dengan mencetak 24 gol dalam satu musim.

Jumlah tersebut, berhasil melampaui koleksi 21 gol dalam satu musim yang sebelumnya dicetak oleh Sutiono Lamso dan Sergio van Dijk di tim Persib.