Liga 1

3 Faktor yang Membuat Tyronne del Pino Bisa Dipinang Oleh Persib Lagi di Liga 1

Selasa, 17 Oktober 2023 23:35 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Juni Adi
© Arif Rahman/INDOSPORT
Tyronne del Pino sudah berlatih lagi di tim Persib, pada sesi latihan di Stadion GBLA, Kota Bandung, Selasa (17/10/23). (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT) Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Tyronne del Pino sudah berlatih lagi di tim Persib, pada sesi latihan di Stadion GBLA, Kota Bandung, Selasa (17/10/23). (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Gelandang asal Spanyol, Tyronne del Pino, sudah kembali ke Bandung dan berlatih bersama tim Persib Bandung untuk arungi Liga 1 pada Selasa (17/10/23).

Tyronne del Pino, baru bergabung lagi dengan tim meskipun masih berlatih terpisah, setelah menjalankan program pemulihan cukup lama di negaranya, karena mengalami cedera tendon achilles.

Cedera tersebut, didapat saat pertandingan perdana kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 menghadapi Madura United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (02/07/23).

Saat ini, Tyronne del Pino belum mengetahui masa depannya di tim kebanggaan Bobotoh, pasalnya dia baru pulih dari cedera dan posisi masih ditempati oleh Levy Madinda.

Meski demikian, Tyronne del Pino mengaku ingin kembali memperkuat Persib di kompetisi Liga 1 2023-2024, apalagi dia masih terikat kontrak di tim kebanggaan Bobotoh.

"Saya belum tahu, saya hanya kembali dan ingin kembali berlatih. Kalian semua tahu bahwa saya punya kontrak di sini dan tentunya saya ingin bertahan di sini, bekerja keras untuk tim," kata Tyronne del Pino.

"Kita akan lihat nanti, kami akan berbicara. Tapi yang terpenting bagi saya saat ini adalah berada dalam kondisi yang bagus, bermain sepakbola setelah sekian lama, berlatih bersama rekan satu tim. Setelah itu kita lihat nanti bagaimana masa depan saya," ungkapnya.

Selain itu, pelatih Persib, Bojan Hodak juga belum bisa mengambil keputusan mengenai masa depan Tyronne del Pino, pasalnya pelatih asal Kroasia ini akan memantau kondisi dan kebugaran gelandang yang direkrut saat era Luis Milla.

"Kami akan melihatnya dulu dan tergantung dirinya. Jika dia tidak bisa, maka tidak bisa. Jika dia bisa bermain, maka dia akan bermain," kata Bojan Hodak di Stadion GBLA, Kota Bandung, Selasa (17/10/23).

"Kami masih memiliki waktu hingga akhir November untuk memutuskan," tegas mantan pelatih PSM Makassar ini.

Meski belum dipastikan masa depannya, namun ada beberapa faktor yang membuat Tyronne del Pino berpeluang untuk dipinang lagi Persib dan disiapkan untuk mengarungi putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024.

Durasi Peminjaman Levy Madinda Berakhir Desember 

Posisi gelandang asing Persib saat ini masih diisi oleh Levy Madinda, pemain asal Gabon tersebut direkrut oleh skuad Maung Bandung untuk mengisi posisi Tyronne del Pino.

Saat itu, cedera yang dialami Tyronne, membuatnya harus menjalankan program pemulihan cukup lama dan memutuskan untuk pulang dulu ke negaranya. Sebagai gantinya, Persib mendatangkan Levy Madinda.

Gelandang kelahiran Libreville, 22 Juni 1992 ini didatangkan Persib dari klub Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT) dengan status pemain pinjaman hingga bulan Desember 2023.

Sehingga, jika masa peminjaman tersebut berakhir dan tidak akan kesepakatan kembali, maka Tyronne del Pino berpeluang untuk tampil di putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024.

Kondisi Tyronne del Pino Semakin Membaik 

Tyronne del Pino, mengaku kondisinya sudah semakin membaik setelah menjalankan program pemulihan di negaranya, sehingga dia siap untuk kembali memperkuat Persib.

"Saya senang bisa kembali setelah tiga bulan, jadi saya merasa rindu dengan sepakbola dan sesi latihan bersama tim. Kondisi saya bagus, saya merasa sudah membaik. Tapi normal, masih butuh waktu," ucap Tyronne del Pino.

"Saya tiba pada hari Minggu dan kembali berlatih bersama rekan satu tim. Saya senang berada di sini," ungkapnya.

Sehingga, dengan kondisi yang semakin membaik, hal itu bisa menjadi pertimbangan bagi tim pelatih untuk menggunakan jasanya di putaran kedua.

Ada Alberto Rodriguez Pemain Asing Satu Negara dengan Tyronne del Pino 

Persib Bandung memiliki satu pemain lainnya yang berasal dari Spanyol, yakni Alberto Rodriguez Martin yang berposisi sebagai bek.

Alberto Rodriguez Martin, didatangkan tim Persib pada masa persiapan Liga 1 2023-2024, saat itu tim kebanggaan Bobotoh masih dilatih oleh pelatih Luis Milla yang juga berasal dari Spanyol.

Pada awal musim Alberto Rodriguez Martin dan Tyronne del Pino, sudah bersama-sama, sehingga jika namanya didaftarkan untuk putaran kedua, tidak membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan tim.