In-depth

Kronologi Kasus Suap Barcelona Usai Joan Laporta Resmi Jadi Tersangka

Kamis, 19 Oktober 2023 13:30 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© REUTERS/Albert Gea
Presiden Barcelona, Joan Laporta. Copyright: © REUTERS/Albert Gea
Presiden Barcelona, Joan Laporta.

INDOSPORT.COM - Kabar buruk menimpa klub raksasa Liga Spanyol (La Liga), Barcelona, usai sang presiden yaitu Joan Laporta ditetapkan sebagai tersangka kasus suap.

Dilansir dari Forbes, kabar ini berawal dari laporan El Periodico setelah melihat keputusan pengadilan Spanyol terkait lanjutan skandal ‘Negreira’ yang menyeret para petinggi Barcelona, Rabu (18/10/23) lalu.

Skandal Negreira ini sebelumnya menyeret  dua mantan presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu dan Sandro Rossell, dua mantan pejabat klub yang melakukan suap terhadap ketua badan wasit Spanyol, Jose Maria Enriquez Negreira dan putranya.

El Periodico  menyebutkan hakim Joaquin Aguire mendakwa Joan Laporta atas kasus suap yang sama yang terjadi selama masa jabatan pertamanya sebagai presiden Barcelona antara 2003 dan 2010.

Aguire juga memutuskan bahwa tidak hanya Laporta tetapi seluruh anggota dewan Blaugrana dari periode tersebut yang memainkan peran dalam keputusan membayar suap kepada Negreira dan

El Periodico juga melaporkan bahwa Aguire mengatakan kalau Laporta tidak bisa memanfaatkan batas waktu penyelidikan kasus maksimal 10 tahun, saking beratnya dakwaan.

Masa pembatasan 10 tahun tersebut dianggap belum habis masa berlakunya karena terhitung mulai tanggal 17 Juli 2018 dan seterusnya ketika tindak pidana terakhir dalam perkara tersebut diduga dilakukan.

Joan Laporta sebelumnya berulang kali membantah bahwa Barcelona melakukan kesalahan. Dia juga menegaskan bahwa pembayaran tersebut dilakukan untuk meminta konsultasi kepada wasit.

Namun Joan Laporta belum memberikan tanggapan resmi soal kasus terbarunya itu. Ini jadi tamparan keras untuk Barcelona yang akan menjamu rival sengitnya Real Madrid dalam El Clasico Liga Spanyol usai jeda Internasional.

Diketahui, UEFA lantas melancarkan investigasi sendiri pada Barcelona setelah mereka didakwa pada Maret lalu yang ternyata ada kans raksasa Liga Spanyol itu didepak dari Liga Champions.

Pada bulan Juli lalu, UEFA mengonfirmasi bahwa Barcelona untuk sementara ini diterima untuk ikut serta dalam kompetisi klub UEFA.

Namun, UEFA juga menambahkan bahwa keputusan di masa depan mengenai penerimaan atau pengecualian dari kompetisi klub UEFA bersifat sementara.

Untuk mengetahui lebih rinci mengenai kasus tersebut, berikut INDOSPORT telah merangkum kronologi suap yang dilakukan Barcelona kepada mantan wasit Jose Maria Enriquez Negreira: