In-depth

5 Legenda MLS yang Gabung Klub Eropa dalam Waktu Singkat, Messi Selanjutnya?

Jumat, 20 Oktober 2023 16:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Sam Navarro
Inter Miami gagal melaju ke Playoff MLS 2023, dan bisa saja membuat Lionel Messi gabung klub Eropa dalam waktu singkat seperti 5 bintang lainnya. Copyright: © REUTERS/Sam Navarro
Inter Miami gagal melaju ke Playoff MLS 2023, dan bisa saja membuat Lionel Messi gabung klub Eropa dalam waktu singkat seperti 5 bintang lainnya.

INDOSPORT.COM – Inter Miami gagal melaju ke Playoff MLS 2023, dan bisa saja membuat Lionel Messi gabung klub Eropa dalam waktu singkat seperti 5 bintang lainnya.

Isu Lionel Messi akan menjalani karier di Eropa mulai merebak belakangan ini setelah Inter Miami gagal ke Playoff MLS 2023.

Kegagalan melaju ke Playoff MLS 2023 itu membuat pemain berjuluk La Pulga itu tak memiliki agenda bersama Inter Miami hingga musim 2024 digelar.

Karena tak punya agenda lagi, pemain berusia 36 tahun itu pun diisukan akan merapat ke klub Eropa dengan status pinjaman dalam waktu singkat demi menjaga fisiknya jelang Copa America 2024.

Hal ini sudah umum terjadi di sepak bola MLS. Sebelum adanya rumor Messi ke Eropa lagi, ada beberapa legenda kompetisi itu yang merapat ke klub benua biru dengan status pinjaman.

Lalu siapa saja pemain-pemain top MLS yang berstatus bintang dan menjalani masa peminjaman singkat ke klub-klub Eropa? Berikut daftarnya.

1. Landon Donovan

Landon Donovan adalah legenda hidup MLS dan disebut-sebut pemain terbaik sepanjang sejarah kompetisi sepak bola Amerika Serikat itu.

Pada 2009 lalu kala MLS tengah dalam masa jeda, Donovan sempat bergabung Bayern Munchen sejak Januari hingga Maret 2009 dengan mengoleksi 7 penampilan.

Lalu pada 2010 dan 2012, Donovan dipinjamkan ke Everton saat MLS libur dengan mencatatkan total 22 penampilan dan sumbangan 2 gol serta 9 assist.

2. Robbie Keane

Robbie Keane sempat mengukir namanya di Inggris sebelum akhirnya bermain di MLS pada 2011 dengan bermain untuk LA Galaxy.

Pada Januari 2012, MLS memasuki masa jeda. Hal ini membuat Robbie Kean kemudian menjalani peminjaman singkat di Aston Villa selama tiga bulan.

Selama tiga bulan itu, Robbie Keane mampu tampil sebanyak 7 kali bagi Aston Villa dan mampu menyumbangkan 3 gol serta 1 assist.