Liga 1

Bursa Transfer Liga 1, Gilbert Agius Akui PSIS Semarang Butuh Penyerang Baru

Jumat, 20 Oktober 2023 19:06 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih PSIS Semarang, Gilbert Agius, akui timnya membutuhkan penyerang tambahan menuju bursa transfer Liga 1 2023-2024. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih PSIS Semarang, Gilbert Agius, akui timnya membutuhkan penyerang tambahan menuju bursa transfer Liga 1 2023-2024.

INDOSPORT.COM - Pelatih PSIS Semarang, Gilbert Agius, akui timnya membutuhkan penyerang tambahan menuju bursa transfer Liga 1 2023-2024. Sosok anyar ini akan menjadi pesaing internal bagi Carlos Fortes.

Bos PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, sempat mengutarakan niat untuk membidik Ramadhan Sananta dan Hokky Caraka. Dua bomber muda ini dinilai punya kualitas yang luar biasa.

Namun, Persis Solo dan PSS Sleman sama-sama ogah melepas penyerang ganasnya. Sananta dan Hokky sangat dibutuhkan untuk mempertajam lini depan.

Maka, PSIS membidik sosok lain sebagai pengganti Sananta dan Hokky Caraka. Namun, PSIS kini enggan mengungkapkan sosok penting yang diburu.

Gilbert Agius mengatakan kebutuhan pemain depan diperlukan menuju putaran kedua Liga 1 2023-2024. Namun hal ini tak bisa diartikan bahwa Gilbert Agius tak puas dengan skuat yang ada.

"Bukannya tidak bahagia dengan pemain yang ada, tapi memang realistis jika kita melihat di bench. Kita butuh striker karena hanya Fortes yang murni sebagai pemain nomor sembilan," kata Gilbert Agius, Jumat (20/10/23).

Gilbert Agius pun memuji kontribusi yang ditunjukkan Carlos Fortes. Bomber asal Portugal ini sudah mencetak tujuh gol sepanjang 16 pekan Liga 1 2023-2024 berjalan.

Terbaru, Carlos Fortes mencetak satu gol saat PSIS menang atas Persikabo 1973 3-2 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Namun, Gilbert ingin ada pesaing internal bagi Fortes.

"Bukan berarti saya tidak suka dengan Fortes. Saya cukup bahagia dengan kerja Fortes, tapi di lini depan perlu ada persaingan untuk striker atau apabila Fortes cedera atau ada akumulasi kartu. Jadi memang perlu tambahan striker," ungkap Gilbert Agius.

PSIS membidik satu posisi di zona empat besar Liga 1 2023-2024. Target ini sudah semakin dekat karena kini PSIS ada di peringkat empat dengan 27 poin dan surplus enam gol dari 16 pertandingan.

Posisi ini masih sangat tidak aman karena Bali United menempel di posisi lima dengan 27 poin dan surplus lima gol. RANS Nusantara FC dengan koleksi 26 poin baru melakoni laga pekan ke-16 melawan Persija Jakarta pada Minggu (22/10/23) malam.

Maka, putaran kedua nanti akan terjadi persaingan yang ketat. Hal inilah yang menuntut PSIS untuk mendapatkan satu bomber murni lagi.

"Saya bahagia dengan pemain yang ada sekarang tapi sepak bola harus terus berimprovisasi," jelas Gilbert Agius.

Kemenangan Penting

Sementara itu, kemenangan PSIS atas Persikabo 3-2 di Kabupaten Bekasi, Jumat (20/10/23) sore, dirasa sangat penting. Gilbert Agius dibuat tegang dengan jalannya pertandingan.

Ketegangan ini karena Persikabo memperkecil kedudukan menjadi 2-3 lewat sepakan indah Roni Sugeng Aryanto. Untung saja hingga laga usai, Adi Satryo bisa menjaga gawangnya dengan baik.

"Ini adalah game yang bagus untuk dilihat. Ini membuat kami tegang ketika skor 3-1 dan kemudian jadi 3-2," jelas Gilbert Agius.

"Di awal pertandingan kita memulai tidak cukup bagus, tapi kita coba membuat peluang. Di babak kedua semakin banyak peluang, tapi setelah itu tempo seperti menurun. Namun pemain yang masuk juga bermain bagus. Saya bahagia dengan kemenangan ini," sambungnya.

Setelah ini, PSIS akan menghadapi Persija Jakarta di Stadion Jatidiri Semarang, Minggu (29/10/23). Laga ini menjadi penutup putaran pertama dan semua tim Liga 1 2023-2024 bersiap untuk bursa transfer.