Liga 1

Pelatih Persis Berang dengan Rumor Ramadhan Sananta ke PSIS: Itu Omong Kosong

Sabtu, 7 Oktober 2023 04:00 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT) Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano, bereaksi keras atas rumor Ramadhan Sananta gabung PSIS Semarang. Kabar itu disebutnya sebagai rumor yang bodoh di tengah bergulirnya Liga 1 2023-2024.

Sananta banyak dirumorkan bakal hengkang ke PSIS. Rumor ini berawal dari ketertarikan Chief Executive Officer (CEO) PSIS, Yoyok Sukawi.

Yoyok menyebut jika PSIS membutuhkan sosok striker lokal yang layak diambil pada putaran kedua Liga 1 2023-2024. Dari sederet nama di Liga 1, Sananta merupakan sosok yang luar biasa dalam usia yang baru 20 tahun.

Yoyok Sukawi kembali mengingat momen derbi Jawa Tengah ketika Sananta mencetak gol meski dijepit tiga bek PSIS. Yoyok pun memuji Sananta sebagai penyerang paling berbahaya di Indonesia.

Maka, Sananta disebutnya sebagai satu-satunya pemain yang layak direkrut PSIS, jika memang harus merekrut penyerang baru pada bursa transfer mendatang.

Statement itu pada akhirnya malah berkembang liar di media sosial. Ada banyak akun instagram yang membelokkan statemen itu sebagai 'rumor' bahwa Sananta bakal ke Persis Solo.

Padahal, pada faktanya Sananta gabung Persis Solo dengan kontrak selama dua musim. Itu artinya, Sananta masih menjadi milik Laskar Sambernyawa hingga musim 2024-2025 selesai.

Terkait rumor yang dihembuskan akun-akun tak bertanggung jawab di media sosial, Leonardo Medina angkat bicara. Dia berbicara rumor itu sebagai sebuah kebodohan.

"Itu omong kosong. Itu hanyalah rumor yang bodoh," kata Leonardo Medina, Jumat (6/10/23).

Ramadhan Sananta masih menjadi bagian penting bagi Persis Solo. Ia sudah mencetak lima gol hingga pekan ke-15 Liga 1 2023-2024.

Terbaru, Sananta ditampilkan saat melawan Persikabo 1973 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jumat sore. Dalam laga ini, Sananta membantu timnya bermain imbang 2-2 kontra Persikabo.

Setelah laga ini, Persis Solo akan melepas Sananta ke Timnas Indonesia. Menurut Leo Medina, sebenarnya ada beberapa nama lain yang layak dipanggil tim nasional, baik itu tim senior maupun U-23.

"Saya pikir kita punya pemain-pemain untuk Timnas, seperti Sananta. Contohnya Sutanto Tan, dia bisa bermain di timnas senior," tutur Leo Medina.

Sutanto Tan merupakan pemain paling diandalkan Leo Medina selama jadi pelatih Persis Solo. Sutanto Tan tak sekadar dijadikan gelandang, namun juga dipasang sebagai bek tengah.

"Di Timnas U-23, kita punya Faqih Maulana yang bermain dengan bagus. Kita juga punya Althaf Indie sebagai pemain yang bagus. Tapi saya harus objektif karena di tim berbeda juga ada banyak pemain," imbuh Leo Medina.

Setelah membela Timnas Indonesia, Ramadhan Sananta kembali jadi andalan Persis Solo menatap 19 partai tersisa di Liga 1 2023-2024.

Persis Solo masih optimis berada di posisi lima besar musim ini. Setelah hasil imbang kontra Persikabo 1-1, Persis Solo mengumpulkan 20 poin dan ada di peringkat kesembilan pada klasemen Liga 1 2023-2024.