Liga 1

Klasemen dan Top Skor Liga 1: Bali United Mulai Merangkak ke Papan Atas, Gustavo Tidak Aman

Jumat, 20 Oktober 2023 21:50 WIB
Editor: Juni Adi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Liga 1 BRI 2021 Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Liga 1 BRI 2021

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1, baru saja rampung menggelar tiga pertandingan awal pekan ke-16 pada Jumat (20/10/23) sore hingga malam WIB.

Adapun tiga pertandingan itu adalah Bali United vs Persebaya Surabaya, Persikabo 1973 vs PSIS Semarang, dan PSM Makassar vs Arema FC.

Hasilnya tidak cukup mengejutkan karena tim-tim dengan nama besar masih mendominasi kemenangan, yakni Bali United, PSIS Semarang dan PSM Makassar.

Bali United menang telak saat menjamu Persebaya di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali. Bermain di depan publiknya sendiri, Serdadu Tridatu menang dengan skor 3-1.

Tuan rumah sudah unggul lebih dahulu melalui gol pemain asing yang baru saja dinaturalisasi oleh Kamboja, Privat Mbarga di menit ke-41. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, Persebaya sempat menyemakan kedudukan jadi 1-1 setelah Dusan Stevanovic mencetak gol menit ke-48.

Tetapi Bali United kembali memimpin setelah Mbarga mencetak gol keduanya menit ke-55. Jefferson Assis membawa Bali United menang 3-1 melalui gol penalti menit ke-77. Skor itu bertahan hingga laga usai.

Kemenangan itu membuat Bali United perlahan naik ke papan atas menempati peringkat ke-5 dengan 27 poin. Sedangkan Persebaya tertahan di posisi 8 dengan 22 poin.

Kemenangan juga diraih oleh PSIS Semarang. Susah payah Mahesa Jenar untuk menundukan tuan rumah di Stadion Wibawa Mukti. Tim tamu menang tipis 2-3. 

Masing-masing gol PSIS dicetak oleh Taisei Marukawa, Paulo Gali dan Carlos Fortes. Persikabo memperkecil lewat gol Yandi Sofyan dan Roni Sugeng.

Hasil ini membuat PSIS naik ke peringkat ke-4 dengan 27 poin. Persikabo belum juga keluar dari zona merah menempati peringkat ke-17 dengan 10 poin.

Kemenangan juga diraih oleh PSM Makassar saat menjamu Arema FC di Stadion Gelora BJ Habibie, mereka menang 3-0.

Adilson Gancho da Silva jadi bintang lapangan dengan membuat dwi gol di menit ke-42 dan 84, satu lagi disumbang oleh Ricky Pratama menit ke-90+7.

Kemenangan ini membuat PSM Makassar naik ke peringkat 10 dengan 21 poin, sementara Arema FC masih sulit keluar dari zona degradasi karena masih terjebak di posisi ke-16 dengan 13 poin.

Sedangkan untuk daftar pencetak gol terbanyak alias top skor, penyerang Arema FC, Gustavo Almeida saat ini posisinya terancam digeser oleh David da Silva. Keduanya hanya berselisih satu gol (11 dan 10 gol).

Top Skor:

11 Gol: Gustavo Almeida (Arema FC)
10 Gol: David da Silva (Persib)
9 Gol: Alex Martins (Dewa United)
8 Gol: Bruno (Persebaya)
8 Gol: Carlos Fortes (PSIS)

Klasemen Liga 1:

Klasemen oleh Sofascore