In-depth

Para Negara Unik di Piala Dunia U-17 Indonesia: Ada Saudara Jauh Orang Jawa

Jumat, 20 Oktober 2023 10:47 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© fedcalfoot.com
Para Pemain Kaledonia Baru U-17 yang akan bertanding di Piala Dunia U-17 di Indonesia. Copyright: © fedcalfoot.com
Para Pemain Kaledonia Baru U-17 yang akan bertanding di Piala Dunia U-17 di Indonesia.

INDOSPORT.COM – Jarang terdengar dan berasal dari wilayah terpencil, para negara berikut bakal unjuk kebolehan pada ajang Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia bulan depan. Siapa saja mereka?

Hanya dalam hitungan minggu, gelaran Piala Dunia U-17 2023 akan segera bergulir dan menjadi panggung 24 negara peserta untuk torehkan prestasi.

Timnas Indonesia sebagai peserta sekaligus tuan rumah, telah mempersiapkan diri agar bisa lolos dari babak penyisihan grup.

Bagi Timnas Indonesia, ini merupakan kali pertama dalam sejarah skuat Garuda berhasil tampil di panggung Piala Dunia U-17.

Pada fase grup nanti, Timnas Indonesia arahan Bima Sakti tersebut akan berada di Grup A bersama Ekuador, Panama serta Maroko.

Dari ketiga negara diatas, Ekuador mungkin jadi lawan yang paling berat buat Indonesia lantaran sang wakil Amerika Latin tersebut punya rekam jejak mentereng di Piala Dunia U-17.

Total sampai saat ini, Ekuador sudah enam kali tampil di Piala Dunia U-17 dengan pencapaian terbaik adalah lolos perempat final tahun 1995 dan 2015.

Sedangkan Panama dan Maroko, mereka bisa dibilang kuda hitam di Grup A kali ini. Khusus untuk Panama, negara kawasan Amerika Utara mungkin cukup asing buat penggemar Indonesia.

Pasalnya, kekuatan timnas senior mereka sangat jarang tampil di Piala Dunia, berbeda dengan Maroko dan Ekuador yang telah jadi langganan.

Di level U-17 pun Panama baru dua kali lolos yakni tahun 2011 dan 2013. Selain Panama, pada Piala Dunia U-17 kali ini ada beberapa negara kurang terkenal lainnya yang bakal tampil sebagai peserta.

Lantas negara mana sajakah itu? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT mengulas: