In-depth

Profil Papu Gomez, Pemain yang Hampir Buat Timnas Argentina Batal Juara Piala Dunia 2022

Sabtu, 21 Oktober 2023 13:30 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Rogerio Florentino/Getty Images
Selebrasi Alejandro 'Papu' Gomez di laga Copa America 2021 Bolivia vs Argentina (29/06/21). Copyright: © Rogerio Florentino/Getty Images
Selebrasi Alejandro 'Papu' Gomez di laga Copa America 2021 Bolivia vs Argentina (29/06/21).

INDOSPORT.COM - Timnas Argentina tengah diterpa kabar buruk karena ada satu pemainnya saat Piala Dunia 2022 lalu yaitu Papu Gomez terbukti telah menggunakan doping.

Kabar ini diumumkan langsung oleh klub Liga Italia, AC Monza yang mengkonformasi kalau pemainnya bernama Papu Gomez mendapatkan hukuman larangan bermain selama dua tahun dari FIFA.

"AC Monza mengumumkan bahwa hari ini klub telah menerima pemberitahuan dari FIFA, melalui FIGC, mengenai putusan pertama Komisi Anti-Doping Spanyol, yang diberikan kepada Alejandro Dario Gomez (Papu Gomez)," tulis pernyataan resmi AC Monza.

"Putusan ini mencakup larangan bermain selama dua tahun. Terbutaline ditemukan dalam sampelnya," imbuhnya.

Papu Gomez kedapatan mengonsumsi zat terlarang tersebut pada November 2022 lalu atau menjelang Piala Dunia 2022 di Qatar.

Menurut ESPN, kasus ini sebenarnya sudah terjadi pada Oktober 2022 lalu, sewaktu Papu Gomez masih berseragam Sevilla.

Ia terbukti mengonsumsi terbutaline, zat yang ditemukan dalam obat untuk mengatasi penyakit asma, bronkitis, dan emfisema.

Sang pemain sempat beralasan kalau sebelum menjalani tes, sempat meneguk obat sirup milik anaknya tanpa konsultasi kepada dokter.

Selama Piala Dunia 2022 lalu, Papu Gomez tercatat memainkan dua penampilan untuk Timnas Argentina. Ia main di laga pembuka Grup C melawan Arab Saudi.

Ia kemudian kembali dimainkan saat Lionel Messi dkk menang atas Australia dengan skor 2-1 dalam babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Di partai final kontra Prancis, Papu Gomez hanya menghuni bangku cadangan tanpa bermain. Ia tercatat tidak mencetak satu gol pun selama turun ke lapangan.

Setelah Piala Dunia 2022 selesai, Papu Gomez tidak pernah dipanggil lagi ke Timnas Argentina, termasuk saat uji coba melawan Timnas Indonesia beberapa waktu lalu.

Papu Gomez juga melewatkan empat pertandingan pertama Timnas Argentina  di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona CONMEBOL.

Sempat ada isu kalau juara Piala Dunia 2022 yang diperoleh Argentina bisa dibatalkan oleh ulah Papu Gomez. Akan tetapi, ternyata kasus doping yang dilakukan Papu Gomez tidak berpengaruh terhadap gelar Piala Dunia 2022 lalu.

Alasannya, World Anti-Doping Agency (WADA) hanya menemukan satu pemain saja dikubu Argentina yang menggunakan doping. Bila ada dua atau tiga pemain teridentifikasi menggunakan doping, maka trofi Piala Dunia 2022 milik Argentina bisa dibatalkan.

Untuk mengenal lebih lanjut siapa sosok Papu Gomez, berikut INDOSPORT telah merangkum profil sang pemain: